visitaaponce.com

Korea Utara Meluncurkan 300 Balon Sampah ke Korea Selatan

Korea Utara Meluncurkan 300 Balon Sampah ke Korea Selatan
Militer Seoul mengonfirmasi Korea Utara telah meluncurkan sekitar 310 balon berisi sampah ke arah Korea Selatan dalam semalam(Yonhap)

KOREA Utara telah meluncurkan sekitar 310 balon berisi sampah ke arah Korea Selatan semalam, kata militer Seoul, Senin, di tengah meningkatnya ketegangan atas kampanye balon berulang kali dari Korea Utara yang telah direspons Korea Selatan dengan melanjutkan siaran propaganda pengeras suara setelah enam tahun.

Partai terbaru dari balon yang diisi dengan sampah yang dikirim pada Minggu malam berisi kertas bekas dan plastik, tanpa bahan beracun yang terdeteksi sejauh ini, menurut Kepala Staf Gabungan (JCS). Tidak ada balon tambahan yang terdeteksi melayang di udara hingga pukul 8:30 pagi.

Juru bicara JCS Kol Lee Sung-jun mengatakan banyak dari balon-balon tersebut gagal mencapai Korea Selatan karena angin bertiup ke arah timur, dengan sekitar 50 balon ditemukan di sepanjang perbatasan.

Baca juga : Korea Selatan Mulai Kembali Siaran Propaganda di Perbatasan dengan Korea Utara

Korea Utara tidak melakukan lebih banyak peluncuran awal Senin, tetapi jumlah balon jatuh di Korea Selatan diperkirakan akan meningkat karena militer terus menerima laporan tentang mereka, kata Lee kepada wartawan dalam konferensi pers reguler.

Peluncuran Minggu adalah yang terbaru dalam kampanye balon dari Korea Utara yang dimulai pada 28 Mei, yang dijelaskan sebagai respons "tindak balas" terhadap leafleting anti-Pyongyang oleh aktivis di Korea Selatan. Diperkirakan Korea Utara telah meluncurkan lebih dari 1.600 balon berisi sampah sejauh ini.

Ini juga datang beberapa jam setelah Korea Selatan melanjutkan siaran propaganda pengeras suara di daerah perbatasan setelah mengutuk upaya Korea Utara untuk menimbulkan kekhawatiran publik sebagai "tidak dapat diterima" dan berjanji untuk mengambil "tindakan yang sesuai."

Baca juga : Presiden Yoon Suk Yeol Tegaskan Korea Selatan Tidak Akan Diam Melawan Provokasi Korea Utara

Lee mengatakan militer tidak mendeteksi aktivitas militer Korea Utara yang tidak biasa setelah siaran, yang berlangsung selama sekitar dua jam mulai pukul 5 sore dan menandai pertama kalinya sejak mereka dihentikan dalam sebuah deklarasi antar-Korea pada tahun 2018.

JCS telah memperingatkan apakah siaran akan dilakukan lagi akan tergantung pada tindakan Korea Utara.

"Mempertimbangkan situasi strategis dan operasional, (kami) akan melakukan operasi secara fleksibel," kata Lee ketika ditanya mengapa militer tidak melanjutkan siaran setelah peluncuran balon terbaru.

Baca juga : Korea Selatan Tangguhkan Perjanjian Militer dengan Korea Utara

Pyongyang telah bereaksi dengan marah terhadap siaran propaganda di masa lalu, menembakkan tembakan artileri ke arah Selatan pada Agustus 2015 sebagai respons atas kampanye pengeras suara propaganda.

Malam Minggu, Kim Yo-jong, adik perempuan yang berpengaruh dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, memperingatkan bahwa Korea Selatan akan menghadapi "tindakan balasan baru" yang tidak ditentukan jika terus mengirim selebaran anti-Pyongyang dan melakukan siaran pengeras suara di sepanjang perbatasan.

Ketika ditanya tentang pernyataan tersebut, Lee mengatakan aktivitas militer Korea Utara sedang dipantau secara ketat, dan bahwa militer akan dapat merespons sepenuhnya terhadap apa yang disebut Kim sebagai "tindakan balasan baru."

Baca juga : Peluncuran Roket Satelit Militer Korea Utara Gagal Akibat Ledakan di Udara

"Militer kami memiliki kemampuan untuk merespons setiap provokasi dari Korea Utara secara luar biasa," katanya.

Selama bertahun-tahun, pembelot Korea Utara di Korea Selatan dan aktivis konservatif telah mengirim selebaran ke Korea Utara melalui balon untuk membantu mendorong warga Korea Utara untuk akhirnya bangkit melawan rezim Pyongyang.

Korea Utara telah merasa tersinggung oleh kampanye propaganda tersebut karena khawatir arus informasi dari luar dapat menjadi ancaman bagi pemimpinnya, Kim Jong-un.

Pada tahun 2014, kedua Korea saling bertukar tembakan mesin di sepanjang perbatasan setelah Korea Utara tampaknya mencoba menembak jatuh balon yang membawa selebaran propaganda yang kritis terhadap Korea Utara. (Yonhap/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat