visitaaponce.com

Tentara Korea Selatan Tembak Peringatan Setelah Tentara Korea Utara Melintasi Perbatasan DMZ

Tentara Korea Selatan Tembak Peringatan Setelah Tentara Korea Utara Melintasi Perbatasan DMZ
Militer Korea Selatan menembakkan tembakan peringatan setelah sekelompok tentara dari Korea Utara melintasi Garis Demarkasi Militer(Akun X)

MILITER Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan setelah tentara dari Korea Utara sejenak melintasi perbatasan di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua negara.

Insiden terjadi sekitar pukul 12.30 siang (03:30 GMT), Minggu ketika sekelompok tentara Korea Utara melintasi Garis Demarkasi Militer di dalam DMZ, seperti yang dilaporkan oleh agensi berita Yonhap, yang mengutip pernyataan dari Kepala Staf Gabungan (JCS).

JCS mengatakan tentara Korea Selatan memberikan peringatan melalui pengeras suara dan menembakkan tembakan ke udara. Tentara Korea Utara kembali ke sisi perbatasan yang sangat terfortifikasi.

Baca juga : Korea Utara Meluncurkan 300 Balon Sampah ke Korea Selatan

Insiden ini terjadi di tengah ketegangan yang meningkat antara kedua Korea setelah Pyongyang mengirim lebih dari 1.000 balon yang diisi dengan sampah melintasi perbatasan, dan Korea Selatan melanjutkan siaran propaganda yang telah dihentikan sejak 2018.

Kim Yo Jong, adik perempuan yang berpengaruh dari pemimpin Kim Jong Un, mengatakan siaran tersebut dapat memicu "krisis konfrontasi".

"Ini adalah prakondisi untuk situasi yang sangat berbahaya," ujarnya dalam pernyataan yang disiarkan oleh media negara.

Baca juga : Presiden Yoon Suk Yeol Tegaskan Korea Selatan Tidak Akan Diam Melawan Provokasi Korea Utara

Korea Utara sangat sensitif terhadap siaran pengeras suara dari Seoul karena takut pesan semacam itu dapat membuat pasukan dan penduduk di garis depan menjadi rendah semangat dan akhirnya melemahkan cengkeraman Kim Jong Un atas kekuasaan, kata para analis.

Pada 2015, terakhir kali Korea Selatan memulai siaran kembali setelah lama tidak melakukannya, Korea Utara menembakkan peluru artileri melintasi perbatasan, memicu Korea Selatan untuk membalas tembakan. Tidak ada korban yang dilaporkan.

JCS mengatakan bahwa tidak ada aktivitas yang tidak biasa setelah tembakan peringatan pada hari Minggu dan para tentara kembali ke sisi perbatasan mereka. (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat