visitaaponce.com

Jeda Kemanusiaan Israel di Gaza Memicu Kontroversi Politik

Jeda Kemanusiaan Israel di Gaza Memicu Kontroversi Politik
Tentara Israel mengumumkan jeda kemanusiaan harian di Gaza dari pukul 08:00 hingga 19:00 untuk tujuan kemanusiaan(AFP)

TENTARA Israel mengumumkan jeda taktis lokal dari aktivitas militer untuk tujuan kemanusiaan. Koordinator bantuan kemanusiaan Israel untuk Gaza merinci jeda pertempuran yang dijadwalkan setiap hari antara pukul 08:00 dan 19:00 waktu setempat, di sepanjang rute utama yang berjalan ke utara dari titik penyeberangan Kerem Shalom, tempat bantuan menunggu untuk dikirim.

Pengumuman ini segera memicu serangan politik dari menteri-menteri pemerintah sayap kanan – dan pembelaan cepat dari tentara Israel, menegaskan bahwa ini tidak menandakan akhir pertempuran di Gaza selatan, atau perubahan apapun dalam masuknya bantuan kemanusiaan.

Fakta pengumuman ini begitu eksplosif menyoroti situasi yang semakin tegang dari perdana menteri Israel, yang terjepit antara biaya tujuan militer yang belum jelas dan belum tercapai untuk membongkar Hamas dan membawa pulang sandera, serta sekutu politik yang ia andalkan untuk tetap berkuasa.

Baca juga : AS Sanksi Ekstremis Israel yang Blojir Bantuan ke Gaza

Badan-badan kemanusiaan tetap perlu mengoordinasikan gerakan mereka dengan tentara Israel, dan direktur Gaza untuk Program Pangan Dunia, Matt Hollingworth, mengatakan ujiannya adalah apakah koordinasi itu menjadi lebih lancar dan lebih cepat sebagai hasilnya. Namun dia juga mengatakan koordinasi hanya merupakan bagian dari hambatan yang dihadapi badan-badan kemanusiaan dalam menyalurkan bantuan di dalam Gaza.

Pengumuman Minggu "tidak menyelesaikan masalah ketidakamanan dan kriminalitas," katanya. “Dan ini adalah area paling berbahaya di Jalur Gaza saat ini untuk mengirimkan bantuan.” Badan-badan bantuan melaporkan selama akhir pekan bahwa perang yang terus berlanjut memicu malnutrisi akut di beberapa bagian Gaza.

Israel berada di bawah tekanan – dari LSM, sekutu, dan Mahkamah Agungnya sendiri – untuk mengirim lebih banyak bantuan ke Gaza. Namun Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menghadapi oposisi keras dari dua rekan kabinet sayap kanan, yang mengatakan mereka akan menjatuhkan pemerintahannya jika dia setuju untuk mengakhiri perang, dan yang melihat pengiriman bantuan sebagai penundaan kemenangan Israel.

Baca juga : AS Pertimbangkan Pemindahan Sementara Dermaga Kemanusiaan dari Gaza ke Israel Akibat Gelombang Tinggi 

Mereka bereaksi dengan marah terhadap pengumuman hari ini, dengan Menteri Keamanan Dalam Negeri, Itamar Ben-Gvir, menggambarkan "siapa pun yang membuat keputusan ini" sebagai "jahat" dan "bodoh". Menteri Keuangan, Bezalel Smotrich, mengatakan bahwa bantuan kemanusiaan membantu mempertahankan Hamas berkuasa dan berisiko "membuang pencapaian perang".

Bahwa tentara dapat mengeluarkan pesan ini pada hari ketika Israel menguburkan 11 tentaranya, katanya, adalah gejala dari kepemimpinan yang memberikan terlalu banyak bobot pada opini internasional dan tidak cukup pada pasukan di lapangan.

Kedua orang ini telah mengancam untuk menjatuhkan pemerintahan koalisi Netanyahu jika dia mengakhiri perang, seperti yang diinginkan Amerika. Namun tekanan atas biaya perang tersebut juga meningkat di dalam negeri. Konflik paralel Israel dengan Hezbollah di Lebanon telah meningkat dalam beberapa hari terakhir, menyoroti risiko yang lebih luas dari melanjutkan perang dengan sekutu Hamas mereka.

Baca juga : PBB: Dunia Hanya Menyaksikan Kematian dan Kehancuran Gaza

Tadi malam, kerumunan besar turun ke jalan di Tel Aviv, menyerukan Netanyahu untuk mengakhiri konflik di Gaza dan menandatangani kesepakatan untuk mengembalikan 120 sandera Israel ke rumah.

Pemakaman 11 tentara, yang tewas di Gaza selama akhir pekan, kembali menarik fokus pada pertanyaan tentang bagaimana tujuan perang yang dinyatakan oleh perdana menteri Israel dapat dicapai.

Netanyahu telah menjanjikan "kemenangan total" melawan Hamas. Dia membingkai operasi saat ini di Rafah sebagai serangan terhadap batalion terakhir kelompok tersebut di Gaza – yang menurutnya perlu untuk menghancurkannya.

Namun jelas bahwa bahkan membongkar Hamas sebagai organisasi militer terstruktur tidak berarti akhir dari konflik sepenuhnya. Pasukan Israel masih menghadapi operasi gerilya oleh pejuang Hamas di daerah yang telah mereka bersihkan sebelumnya. Dan tidak ada tanda-tanda bahwa para pemimpin kunci kelompok tersebut – Yahya Sinwar dan Mohammed Deif – telah tewas atau ditangkap.

Bagi Netanyahu, mengakhiri perang kemungkinan akan membawa pertempuran baru untuk kelangsungan politiknya sendiri. Perpecahan yang terlihat hari ini antara tentaranya dan sekutunya menyoroti ketegangan antara retorika dan realitas dalam perang ini. Dan ketegangan yang dihadapi Netanyahu dalam menjembataninya: terjepit antara janji "kemenangan total" dan prospek "perang selamanya". (BBC/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat