visitaaponce.com

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Membubarkan Kabinet Perang

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Membubarkan Kabinet Perang
PM Israel Benjamin Netanyahu telah membubarkan kabinet perang setelah kepergian pemimpin oposisi Benny Gantz dan sekutunya Gadi Eisenkot. (Media sosial X)

PERDANA Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah membubarkan kabinet perang yang terdiri dari enam anggota, sebuah keputusan yang sudah diperkirakan banyak pihak setelah kepergian pemimpin oposisi sentris Benny Gantz dan sekutunya Gadi Eisenkot. Seorang juru bicara pemerintah mengatakan kabinet keamanan yang sudah ada sebelumnya dan kabinet penuh yang lebih besar akan membuat keputusan mengenai perang dengan Hamas di Gaza.

Sejak Gantz mundur delapan hari lalu karena merasa kurangnya strategi untuk perang, muncul seruan dari para menteri sayap kanan untuk mengambil alih posisinya. Dengan membubarkan kabinet perang, Netanyahu menghindari situasi sulit dengan mitra koalisi dan sekutu internasionalnya.

Seorang juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan pembubaran ini tidak akan mempengaruhi rantai komando. Gantz dan Eisenkot bergabung dengan pemerintahan persatuan nasional bersama koalisi sayap kanan Netanyahu beberapa hari setelah perang dimulai pada Oktober. 

Baca juga : Pengunduran Diri Gantz Tambah Tekanan pada Netanyahu

Kedua mantan kepala staf IDF ini mengumumkan pengunduran diri mereka pada 9 Juni. Gantz menyatakan kepemimpinan perdana menteri “menghalangi kami untuk mencapai kemenangan sejati”.

Segera setelah itu, Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Itamar Ben-Gvir mengatakan dia telah menulis surat kepada Netanyahu untuk meminta agar dia dimasukkan dalam kabinet perang. Pada Minggu malam, Netanyahu menginformasikan kepada para menteri bahwa dia memutuskan untuk membubarkan badan pengambil keputusan tersebut daripada menambah anggota baru.

“Perdana menteri mengatakan: ‘Kabinet perang ada dalam kesepakatan koalisi dengan... Benny Gantz atas permintaannya. Dengan keluarnya Gantz dari pemerintahan, tidak ada lagi kebutuhan untuk cabang pemerintahan ekstra ini," kata juru bicara pemerintah Israel David Mencer dalam sebuah pengarahan pada Senin.

Baca juga : Anggota Kabinet Perang Israel Benny Gantz Mengundurkan Diri 

Surat kabar Israel Haaretz melaporkan bahwa beberapa isu yang sebelumnya dibahas oleh kabinet perang akan dipindahkan untuk dibahas di kabinet keamanan yang terdiri dari 14 anggota, termasuk Ben-Gvir dan Menteri Keuangan sayap kanan Bezalel Smotrich. 

Keputusan sensitif akan dibahas dalam “forum konsultasi yang lebih kecil”, yang diharapkan termasuk Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Menteri Urusan Strategis Ron Dermer, dan ketua partai ultra-Ortodoks Shas, Aryeh Deri. Ketiga orang tersebut sebelumnya ada di kabinet perang bersama perdana menteri, Gantz, dan Eisenkot.

Juru bicara utama IDF, Laksamana Muda Daniel Hagari, menegaskan perubahan ini tidak akan mempengaruhi operasi mereka. 

Baca juga : Yair Lapid Kecam Netanyahu atas Serangan Roket Hizbullah yang Memicu Kebakaran di Israel Utara

"Anggota kabinet berubah dan metode berubah. Kami memiliki echelon, kami tahu rantai komando. Kami bekerja sesuai rantai komando. Ini adalah demokrasi,” katanya kepada wartawan.

Militer Israel meluncurkan kampanye di Gaza untuk menghancurkan Hamas sebagai tanggapan atas serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan pada 7 Oktober, di mana sekitar 1.200 orang tewas dan 251 lainnya disandera. Lebih dari 37.340 orang telah tewas di Gaza sejak itu, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di wilayah tersebut.

Ada tanda-tanda ketegangan lebih lanjut dalam pemerintahan Israel dalam sehari terakhir, dengan Netanyahu dan para menteri sayap kanannya mengkritik keputusan IDF untuk memperkenalkan “jeda taktis dalam aktivitas militer” di siang hari dekat kota Rafah di Gaza selatan untuk memungkinkan lebih banyak pengiriman bantuan kemanusiaan.

Baca juga : Menteri Israel Ancam Mundur Jika Netanyahu Setujui Gencatan Senjata

Jeda ini dimaksudkan untuk memungkinkan truk mengumpulkan bantuan dari penyeberangan perbatasan Kerem Shalom yang dikendalikan Israel, di tenggara Rafah, dan kemudian melakukan perjalanan dengan aman ke jalan utama utara-selatan di dalam Gaza. Pasokan telah tertahan di titik penyeberangan sejak Israel memulai operasi di Rafah bulan lalu.

Namun Ben-Gvir mengecam kebijakan tersebut sebagai kebodohan, sementara media Israel mengutip Netanyahu yang mengatakan: “Kami memiliki negara dengan tentara, bukan tentara dengan negara.” 

IDF mengatakan pihaknya menjalankan perintah pemimpin politik untuk memastikan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza.

Mereka juga mengatakan bahwa jeda tidak berarti pertempuran di Gaza selatan akan berhenti, yang menciptakan kebingungan tentang apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. 

Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (Unrwa), yang merupakan organisasi kemanusiaan terbesar di Gaza, melaporkan pertempuran terus berlanjut di Rafah dan di tempat lain di selatan pada hari Senin dan bahwa “secara operasional tidak ada yang berubah”.

Sementara itu, IDF mengatakan bahwa pasukannya “melanjutkan operasi yang didasarkan pada intelijen di area Rafah”. Mereka menambahkan bahwa mereka telah menemukan senjata, menyerang bangunan yang dipasang bahan peledak, dan menghilangkan “beberapa teroris” di daerah Tal al-Sultan.

Unrwa memperkirakan bahwa 65.000 orang masih berlindung di Rafah - kurang dari 5% dari 1,4 juta orang yang sebelumnya berlindung di sana sebelum IDF memulai apa yang mereka gambarkan sebagai operasi terbatas untuk membasmi pejuang Hamas dan membongkar infrastruktur yang digunakan oleh kelompok bersenjata Palestina.

Dengan sedikit tanda kemajuan menuju gencatan senjata penuh di Gaza, ada peringatan baru dari militer Israel bahwa konflik tingkat rendah dengan kelompok bersenjata Lebanon, Hezbollah, kini mengancam akan berubah menjadi perang yang lebih luas. Menyusul peningkatan intensitas tembak-menembak baru-baru ini, seorang diplomat utama AS telah kembali ke kawasan itu untuk mencoba mengurangi ketegangan di perbatasan Israel-Lebanon. (BBC/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat