visitaaponce.com

18 Cara Alami Mencerahkan Kulit, Tanpa Pemutih

18 Cara Alami Mencerahkan Kulit, Tanpa Pemutih 
18 cara memutihkan wajah(Freepik)

HAI Jel's, ternyata banyak ya dari kita berkeinginan untuk memutihkan kulit mereka dengan cepat, sehingga mereka sering mencoba metode instan seperti suntik pemutih. Meskipun hasilnya memuaskan, penggunaan metode tersebut dapat menyebabkan efek samping yang dirasakan. 

Selain itu, tanpa perawatan yang tepat, kulit tubuh yang telah diputihkan secara tidak alami bisa kembali kusam.Padahal sebenarnya ada banyak cara memutihkan badan secara alami yang bisa dilakukan. Lebih sehat, cara memutihkan kulit ini juga diikuti dengan menjaga pola makan dan minum air putih yang cukup.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang ingin mencerahkan kulit, tetapi khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan metode instan, berikut adalah 18 cara alami untuk mencerahkan kulit: 

Baca juga : Catat! Ini 7 Pemutih Badan Alami, Bisa Dilakukan Rutin Setiap Hari

1. Minum Air Mineral Teratur

Minum jumlah air yang cukup setiap hari dapat membantu mengurangi kemunculan garis-garis halus, kerutan, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.Oleh karena itu, disarankan untuk minum minimal delapan gelas air putih sehari. Anda bisa tambahkan irisan lemon ke dalam air untuk manfaat tambahan.

2. Konsumsi Makanan Bergizi 

Baca juga : Ini Tips Prilly Latuconsina Tetap Produktif dan Bugar di Bulan Ramadan

Mengatur pola makan dengan asupan gizi seimbang merupakan metode alami yang sangat ampuh untuk mencerahkan kulit tubuh. Dianjurkan untuk meningkatkan asupan sayuran dan buah-buahan dalam diet, karena keduanya mengandung serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

3. Kelola Stres 

Tidak memanajemen Stres Tingkat stres yang tinggi bisa berpengaruh buruk pada kesehatan kulit dan mengakibatkan penampilan kulit yang kurang bercahay Untuk memperoleh kulit yang lebih berseri, penting untuk mengelola stres dengan efektif. Salah satu metode untuk melakukannya adalah dengan bermeditasi, menikmati kegiatan hobi yang positif, atau berbagi perasaan dan masalah dengan orang yang dapat dipercaya.

Baca juga : Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Jantung

4. Hindari Konsumsi Makanan Berlemak 

Kondisi kulit dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Karena itu, diperlukan pola makan yang sehat dan seimbang untuk mempertahankan kesehatan kulit.Menghindari konsumsi makanan berlemak, manis, dan pedas secara berlebihan sangat disarankan. Sebagai alternatif, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C, E, karotenoid, dan asam lemak omega.

5. Rutin Bersihkan Wajah

Baca juga : Agar tidak Mudah Sakit di Musim Hujan, Anda Diingatkan terapkan Pola Makan Sehat

Meskipun begitu, tindakan ini sangat krusial untuk menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, untuk mencapai kulit wajah yang lebih cerah, direkomendasikan untuk membersihkannya secara teratur sekitar dua kali sehari. Jika Anda sering menggunakan makeup atau memiliki aktivitas yang menumpahkan banyak keringat, membersihkan wajah lebih sering dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

6. Jangan Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya berdampak negatif pada organ dalam tubuh seperti paru-paru, tetapi juga mempengaruhi kesehatan kulit.t. Pada perokok, kulit cenderung menjadi kering, kusam, dan tidak sehat.

Baca juga : Ini Rekomendasi Takaran Konsumsi Air Berdasarkan Usia

7. Olahraga

Salah satu cara alami untuk mencerahkan kulit adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Selain membantu mencerahkan kulit, aktivitas positif ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.Direkomendasikan untuk berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu, dengan durasi sekitar 30 menit setiap sesinya. Pilihlah jenis olahraga yang Anda nikmati, agar Anda dapat melakukannya secara konsisten.

8. Eksfoliasi Kulit

Baca juga : Ini Tips Menurunkan Berat Badan Lewat Pola Makan dan Aktivitas Fisik

Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah serta tubuh merupakan langkah penting. Salah satu cara yang dianjurkan adalah melakukan eksfoliasi secara rutin. Proses ini bisa dilakukan dengan menggunakan garam mandi atau lulur yang memiliki tekstur lembut. Disarankan untuk melakukan eksfoliasi wajah sekitar dua hingga tiga kali dalam seminggu. Tujuan dari eksfoliasi adalah untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati, yang bisa menyebabkan kulit terlihat tidak cerah.

9. Mengaplikasikan Virgin Coconut Oil

Salah satu metode alami yang dapat dicoba untuk mencerahkan kulit adalah menggunakan virgin coconut oil (VCO), yang mengandung potensi sebagai antiradang, antioksidan, dan mendukung proses penyembuhan.

Baca juga : Lima Sinergi Makanan untuk Mendapatkan Nutrisi yang Baik

Namun, perlu diingat untuk tetap berhati-hati. Penggunaan VCO dapat menyebabkan reaksi hipersensitivitas pada beberapa individu, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat alergi. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak tersebut pada kulit. 

10. Memakai Tabir Surya 

 

Baca juga : Pemberian Air Putih Berlebihan Bisa Sebabkan Anak Stunting

Paparan sinar matahari memang merupakan cara alami terbaik untuk mendapatkan vitamin D. Namun, terlalu banyak terkena sinar matahari dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit.Agar kulitmu terlindungi dari paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari, gunakanlah selalu tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30. Tindakan ini disarankan bahkan jika Anda berada di dalam ruangan atau di bawah cuaca mendung.

11. Menggunakan Pelembab

Jangan abaikan kebutuhan kelembaban kulit Anda. Pastikan untuk menggunakan pelembap kulit yang sesuai secara teratur untuk menjaga hidrasi kulit Anda. Aplikasikan pelembap kulit setelah mandi atau setelah melakukan eksfoliasi untuk hasil yang optimal.

Baca juga : Tips Menjaga Massa dan Kekuatan Otot di Usia 30-an

12. Menggunakan Aloe Vera

Aloe vera mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit serta mendukung proses penyembuhan dan pertumbuhan sel. Mengaplikasikan aloe vera secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan penampilannya agar terlihat lebih segar.

13. Lulur Bengkoang

Baca juga : Membentuk Otot Sejak Usia Remaja, Amankah?

Bengkoang terkenal dengan kemampuannya mencerahkan kulit. Buah ini kaya akan vitamin C dan B yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Caranya, haluskan bengkoang dan peras hingga airnya keluar, lalu aplikasikan air perasan bengkoang tersebut ke seluruh kulit.

14. Lulur Lobak Putih

Serupa dengan bengkoang, kandungan dalam lobak putih telah sering dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit. Haluskan lobak putih dan gunakan ampasnya sebagai lulur.Agar efeknya terlihat, cobalah gunakan minimal 2-3 kali seminggu.

15. Makan Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang menguntungkan bagi kulit. Buah merah ini juga dikenal memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit secara alami.

Baca juga : Studi HCC: Orang Indonesia dengan Emotional Eater 2,5 Kali Berisiko Stres

Sifat asam alami dalam tomat juga dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit, yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih. Ini dapat menyebabkan kulit terlihat lebih lembut dan bersinar secara keseluruhan. 

16. Minum Jus Lemon

Minum jus lemon dapat memberikan antioksidan dan vitamin C, yang membantu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Komponen tersebut juga memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C juga mempunyai efek untuk menyamarkan pori-pori.Hal ini membantu menjaga kelembapan kulit Anda, sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Baca juga : Ini Resep Hidup Sehat Bugar Ganindra Bimo

17. Konsumsi Yoghurt

Mengonsumsi Yoghurt yang kaya akan enzim bisa membantu untuk mencerahkan warna kulit.. Produk susu yang difermentasi ini juga mengandung asam laktat, yang termasuk dalam kelompok asam hidroksi alfa (AHA) yang membantu dalam proses eksfoliasi kulit. Sifat ini membantu kulit terlihat lebih cerah dan putih.

18. Konsumsi Madu

Madu yang mengandung antibakteri bisa membantu untuk melawan bakteri jerawat, tanda-tanda penuaan dan bekas luka. Selain itu, madu juga bertindak sebagai pelembab kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, dan meningkatkan kecerahan kulit.

Nah itu dia 18 cara alami untuk mencerahkan kulit tubuh, tanpa pemutih. Anda bisa mencobanya dan tak perlu khawatir akan efek samping yang seringkali ditimbulkan pemutih. Inti dari semua tips ini adalah mengadopsi pola hidup sehat, mulai dari minum air putih secara teratur, hingga mengonsumsi makanan bergizi. Selamat mencoba cara-cara alami mencerahkan kulit tubuh! (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat