visitaaponce.com

Sering Dikonsumsi, Ternyata 2 Obat Sakit Kepala Ini Dapat Berisiko Memicu Anemia Aplastik

Sering Dikonsumsi, Ternyata 2 Obat Sakit Kepala Ini Dapat Berisiko Memicu Anemia Aplastik
2 Obat merek ini memicu penyakit anemia aplastik apabila dikonsumsi dalam jangka panjang(Ilustrasi)

BARU-baru ini sebuah postingan ramai di media sosial X tentang efek samping obat sakit kepala yang diketahui memiliki risiko memicu anemia aplastik. Dalam postingannya, akun tersebut mengingatkan kepada warganet untuk tidak mengonsumsi obat sakit kepala dalam jangka panjang dan tidak sesuai dengan dosis.

"kindly reminder utk teman2 semuanya, jangan terlalu sering konsumsi obat ini yaaa. sender perhatiin ternyata keterangan dari efek sampingnya ditambahin berisiko anemia aplastik. Kalo minum obat yg beredar di pasaran, mohon dibaca semua keterangannya utk jaga-jaga ya," tulisnya.

Sementara itu, anemia aplastik merupakan penyakit langka yang terjadi ketika sumsum tulang tidak dapat memproduksi sel darah baru dalam jumlah yang cukup.

Baca juga : 3 Langkah Mencegah Penyakit Kanker Prostat

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun lebih sering terjadi pada orang yang berusia awal 20-an ke atas. Gejala awal anemia aplastik bisa berupa mudah kelelahan, kulit pucat, sesak napas, hingga pusing. Namun siapa sangka, berbagai jenis obat yang biasa kita konsumsi, seperti obat sakit kepala ternyata bisa menimbulkan risiko terkena penyakit ini.

Berikut beberapa merek obat yang memiliki efek samping berupa anemia aplastik: 

1. Bodrex Migran

Obat ini mengandung paracetamol, kafein, dan propyphenazone . Meskipun sering digunakan untuk mengatasi migrain, Bodrex Migran memiliki efek samping berisiko kerusakan fungsi ginjal, anemia aplastik, dan kelainan darah (diskrasia darah).

Baca juga : Kenali Penyebab Anemia Aplastik, Penyakit Langka yang Diderita Babe Cabita

Oleh karena itu, harus lebih berhati-hati saat mengonsumsi obat ini dan hindari penggunaan jangka panjang.

2. Paramex

Paramex telah menjadi obat andalan masyarakat Indonesia untuk meredakan sakit kepala. Tanpa disadari, obat yang memiliki kandungan dexchlorpheniramine maleate, paracetamol, kafein, dan propyphenazone ini ternyata dapat memberikan efek samping yang memiliki risiko memicu anemia aplastik jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, mengonsumsi obat sesuai indikasi, dosis, dan aturan pakai yang tertera pada kemasan sangatlah penting.

Baca juga : Apakah Penyakit Anemia Aplastik Dapat Disembuhkan? Simak Penjelasnnya

Reaksi Netizen

Muncul reaksi beragam dari warganet menanggapi postingan tentang obat sakit kepala yang dapat menyebabkan anemia aplastik. Banyak netizen yang merasa khawatir dengan obat ini karena mereka biasa meminumnya dan menurut mereka obat tersebut ampuh untuk meredakan sakit kepala.

"Mama papaku sering banget minumnya bodrex. Bahkan sampe 2 buat ilangin pusing. Aku juga kalo sakit kepala langsung minum bodrex soalnya manjur," tulis netizen menanggapi postingan terkait efek samping obat tersebut.

Menariknya, label yang mengandung risiko anemia aplastik rupanya baru muncul belakangan ini di kemasannya.

"kenapa ko bisa nambah efek sampingnya? padahal tiap tablet mengandung isi yang sama," tambah netizen lain. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat