visitaaponce.com

5 Tips Efektif untuk Memaksimalkan Perubahan dalam Menurunkan Berat Badan

5 Tips Efektif untuk Memaksimalkan Perubahan dalam Menurunkan Berat Badan
Ada lima tips terbaik yang dapat membantu memaksimalkan perubahan dalam proses penurunan berat badan.(Freepik)

DIET merupakan salah satu aktivitas untuk menurunkan berat badan yang banyak jenisnya, mulai dari diet vegan hingga diet karbohidrat. Diet tidak boleh dilakukan secara asal. Sebab, pola makan dan jenis diet yang dilakukan harus bergantung pada kondisi tubuh secara menyeluruh. 

Diet yang sebenarnya adalah fokus terhadap pengurangan asupan kalori dengan tetap menjaga asupan makanan bergizi. Defisit kalori yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan hanya bertambah seiring berjalannya waktu untuk melakukan diet. Oleh karena itu, tubuh manusia bereaksi terhadap kekurangan ini dan meningkatkan efisiensi metabolisme.

Bagaimana cara sukses untuk mempertahankan dan memaksimalkan perubahan dalam menurunkan berat badan?

Baca juga : Rahasia Diet Sehat Meski Kerjaan Sedang Padat, Begini Caranya

Menurut salah satu sumber, kunci dari defisit kalori adalah dengan menghentikan waktu makan agar tidak makan berlebihan dan memberikan waktu yang cukup lama hingga waktu makan berikutnya. Hal ini dapat membantu Anda untuk mempertahankan aktivitas Anda dalam menurunkan berat badan.

Berikut lima tips terbaik yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan perubahan dalam menurunkan berat badan :

1. Mengurangi karbohidrat berkualitas rendah dan tambahan gula

Anda bisa menyingkirkan karbohidrat yang buruk. Bagi kebanyakan orang, akan menjadi kepentingan terbaik mereka untuk mengurangi atau menghilangkan tambahan gula dan biji-bijian olahan. 

Anda tidak dapat menghilangkan semua kalori dari kualitas rendah tanpa menggantinya. Untuk menggantinya, Anda bisa melanjutkan dengan menambahkan makanan yang tinggi serat, seperti kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian, dan buah. Selain serat, Anda bisa tambahkan sumber lemak tak jenuh , seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak sayur, ikan berlemak, dan yogurt berlemak penuh.

Baca juga : Berbuka Nikmat Tanpa Rasa Bersalah, Inilah 9 Resep Takjil Untuk Pejuang Diet

2. Berhentilah makan sebelum kenyang

Berlatihlah makan dengan penuh kesadaran dan perhatikan apa yang Anda makan dan bagaimana perasaan Anda setelah makan. Anda bisa mencoba untuk makan sampai 80% kenyang lalu setelah itu cobalah untuk berhenti makan.
 
Pada dasarnya, cara ini adalah cara mudah untuk membatasi kalori karena memungkinkan tubuh dan otak memantau seberapa banyak makanan yang dimakan.

3. Tunjukkan pada diri sendiri rasa belas kasihan

Memang diakui, mengubah kebiasaan makan untuk menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Cobalah untuk berbaik hati pada diri sendiri dan bersabar. Kebanyakan orang memang kesulitan dengan hal ini. Namun, jika Anda menghancurkan diri sendiri secara psikologis, kegagalan akan membuat Anda menjadi lebih sulit lagi untuk mencobanya kembali.

4. Temukan kegembiraan pada apa yang dimakan

Anda harus menemukan kegembiraan dan kenikmatan pada makanan yang Anda makan. Untuk keberhasilan jangka panjang, izinkan diri Anda melakukan hal tersebut.

5. Ubah pola pikir

Anda dapat mengubah pola pikir Anda dengan memilih diet rendah lemak, rendah karbohidrat, tinggi protein, atau diet Mediterania, hingga vegan.

Jangan menganggap usaha yang sedang Anda lakukan sebagai 'diet' di mana Anda 'melanjutkan' dan kemudian berhenti setelah selesai. Ini harus menjadi metode diet yang dapat Anda ikuti setiap saat agar mendapatkan hasil yang bertahan lama. Agar metode ini berhasil,  Anda harus selalu merasa kenyang dan bukan selalu merasa kekurangan atau lapar. (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat