visitaaponce.com

Kolaborasi Memberdayakan UMKM Perempuan dengan Literasi Finansial dan Digital

Kolaborasi Memberdayakan UMKM Perempuan dengan Literasi Finansial dan Digital
Sejumlah perempuan pelaku UMKM yang tercakup dalam program pemberdayaan Purchase with Purpose.(Dok. Oppo Indonesia)

DI Indonesia, lebih dari 64% dari total usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dipimpin oleh perempuan. Mereka memegang peran penting dalam menyokong perekonomian keluarga, juga berkontribusi pada perekonomian nasional. Mengingat, sektor UMKM berkontribusi terhadap 60% PDB nasional.

Kendati perannya penting, banyak UMKM yang dipimpin perempuan masih menghadapi tantangan dalam mengakses permodalan. Oleh karena itu, membekali perempuan pelaku UMKM dengan literasi digital dan finansial menjadi esensial untuk membantu mereka mengatasi tantangan, termasuk akses permodalan.

Berangkat dari isu tersebut, Mastercard dan Oppo Indonesia menyalurkan donasi sebesar lebih dari Rp1,4 miliar hasil kampanye Purchase with Purpose untuk pengembangan UMKM yang dipimpin perempuan melalui kerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation. Sebelumnya, selama periode kampanye Purchase with Purpose dari 20 November hingga 31 Desember 2023, Mastercard mendonasikan Rp500.000 untuk setiap pembelian smartphone Oppo menggunakan kartu debit dan kredit Mastercard. Khusus pembelian Oppo Find N3, Mastercard menggandakan jumlah donasi menjadi Rp1.000.000.

Pemberdayaan UMKM perempuan menjadi inti misi YCAB Foundation. Melalui kolaborasi ini, kami memberikan dukungan yang krusial untuk para pelaku UMKM perempuan, memungkinkan mereka mendapat akses ke sumber daya dan pengetahuan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan di ekonomi masa kini,” ujar Veronica Colondam, Founder and CEO YCAB Foundation, dalam seremoni penyaluran donasi di Jakarta, Senin (7/5/2024).

Baca juga : UMKM Kreasi Bambu Binaan IKPP Berdayakan Perempuan Desa Tegal Maja

Pemberdayaan 500 UMKM Perempuan

Nantinya, hasil donasi akan disalurkan untuk program-program pemberdayaan bagi 500 UMKM yang dipimpin oleh perempuan di Jabodetabek, untuk meningkatkan literasi digital dan finansial mereka. Pada waktu yang bersamaan, sebesar 25% dari hasil donasi digunakan untuk UMKM yang fokus kepada produk halal.

Pada kesempatan sama, Chief Marketing Officer Oppo Indonesia Patrick Owen mengungkapkan, pihaknya bangga berpartisipasi dalam program tersebut. “Kami bangga dapat berkontribusi untuk pemberdayaan UMKM perempuan melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh YCAB Foundation. Program ini menjanjikan masa depan yang lebih cerah bagi UMKM perempuan, khususnya di Jabodetabek,” ujarnya.

President Director PT Mastercard Indonesia, Aileen Goh, menyatakan hal serupa. “Pengusaha perempuan mengambil peran penting dalam memberikan pengaruh positif kepada perekonomian, keluarga, serta komunitas mereka. Kampanye ini menjadi berarti karena telah memfasilitasi Mastercard dan para mitra dalam pemberdayaan UMKM perempuan lewat pembekalan kemampuan dan peralatan untuk mengembangkan bisnis. Dengan memberikan program literasi finansial dan digital, inisiatif ini menunjukkan komitmen kami untuk meningkatkan inklusi finansial dan digital di tengah masyarakat,” paparnya. (X-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eni Kartinah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat