visitaaponce.com

Misteri Membunyikan Sendi Menyenangkan Atau Berbahaya

Misteri Membunyikan Sendi: Menyenangkan Atau Berbahaya?
Meskipun sering dikaitkan dengan kebiasaan yang buruk, membunyikan sendi sering kali memberikan rasa puas. (Freepik)

MEMBUNYIKAN sendi Anda dapat memicu beragam reaksi, mulai dari mengernyitkan dahi hingga kepuasan yang murni. Meskipun memiliki reputasi buruk, memahami mekanisme di balik praktik ini dapat memberikan pemahaman mengapa ini adalah pengalaman yang begitu memuaskan. Berikut yang perlu Anda ketahui.

Mengapa membunyikan sendi begitu memuaskan?

Suara letupan yang berasal dari sendi Anda sebenarnya bukanlah sesuatu yang "pecah," sebagaimana kata Matthew Cavanaugh, seorang ahli chiropractic di Lafayette, Louisiana. Di dalam kapsul sendi, Anda memiliki cairan sinovial yang berisi gelembung gas, terutama karbon dioksida dan nitrogen. 

Baca juga : Susu Grass-fed Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang dan Sendi Orang Dewasa

"Mengulurkan kapsul sendi ke batas geraknya menciptakan hampir seperti vakum," katanya. 

"Kecepatan dalam melakukan penyesuaian menyebabkan gelembung gas itu larut dengan cepat di dalam kapsul sendi tersebut."

Jika hanya gelembung gas yang runtuh, mengapa itu begitu memuaskan? Nah, itu sebenarnya bisa memberikan sensasi fisik pelepasan dan peningkatan sementara dalam mobilitas sendi, kata Rojeh Melikian, seorang ahli bedah tulang belakang ortopedi di DISC Sports and Spine Center di California. 

Baca juga : Mengenal UC-II, Zat Aktif Baru untuk Mengobati Nyeri Sendi

"Itu benar-benar terasa baik," katanya, menambahkan bahwa salah satu teori umum adalah bahwa gerakan tiba-tiba juga dapat merangsang ujung saraf di sekitar sendi, menyebabkan penurunan rasa sakit dan pelepasan endorfin, meskipun hal ini belum terbukti.

Tapi tidak hanya tentang fisiologi; ada aspek psikologis yang berperan juga. Tindakan memecahkan sendi dapat menjadi ritual yang biasa dilakukan, diperkuat dari waktu ke waktu, yang mungkin memicu efek plasebo. Beberapa orang mendapatkan kepuasan hanya dari mendengar suara letupan. 

"Baru-baru ini saya menemukan video ASMR di TikTok," kata Cavanaugh. "Ada orang yang hanya ingin mendengar suara letupan. Mereka bahkan tidak mendapatkan pelepasan fisik."

Baca juga : Cegah Nyeri Sendi Sebelum Bertambah Parah dengan Nutrisi Khusus Sendi

Apakah membunyikan sendi berbahaya untuk Anda?

Meskipun teman dan keluarga mungkin telah memperingatkan, membunyikan sendi secara habitual tidak tampak meningkatkan risiko terkena arthritis. Meskipun ini merupakan taktik ketakutan umum, "studi [yang berasal dari tahun 1998] telah menunjukkan tidak ada korelasi signifikan antara kebiasaan memecahkan sendi dan keberadaan osteoarthritis tangan," kata Melikian.

"Beberapa studi telah menunjukkan penggenggam sendi habitual mungkin mengalami pembengkakan tangan yang lebih banyak dan kekuatan cengkeraman yang berkurang," tambahnya.

Baca juga : Kunci Kesehatan Tulang, Sendi, Otot untuk Cegah Osteoporosis

Meskipun tampaknya pendapat para ahli masih terbagi: Sebuah studi tahun 2017 di Jurnal Bedah & Rehabilitasi Tangan meneliti 35 penggenggam sendi habitual (setidaknya lima kali sehari) dibandingkan dengan non-penggenggam dan menemukan bahwa sementara penggenggam sendi mengembangkan kartilago kepala metakarpal yang lebih tebal (kartilago di sekitar sendi pada telapak tangan), kekuatan cengkeraman mereka tidak terpengaruh secara negatif.

Namun, tidak semuanya berjalan mulus. Sendi yang lebih besar, seperti leher dan tulang belakang, memerlukan penanganan hati-hati. 

Daerah-daerah ini rumit dan rentan terhadap cedera dan efek samping, seperti sakit kepala, kesemutan pada anggota tubuh, dan pusing, jika ditangani dengan sembrono. Dalam kasus yang parah, manipulasi tulang leher bahkan telah dikaitkan dengan robekan arteri dalam, yang dapat menyebabkan stroke.

Selama penyesuaian diri, menerapkan kekuatan berlebih atau menggunakan teknik yang tidak tepat dapat berpotensi menyebabkan kerusakan pada ligamen, otot, atau saraf, karena leher dan tulang belakang adalah "struktur kompleks yang terkena berbagai macam tekanan setiap hari," kata Melikian. 

Vertebra Anda juga melingkupi sumsum tulang belakang yang sangat sensitif, jadi jika Anda akan mencoba memecahkan daerah ini sendiri, Cavanaugh menyarankan untuk menggunakan apa yang dia sebut "kecepatan tinggi, amplitudo rendah," yang merupakan dorongan cepat dan lembut yang diberikan dengan jarak pendek.

"Masalah utama dengan penyesuaian diri adalah orang mungkin menggunakan jumlah kekuatan yang salah atau mendorong sendi ke arah yang salah," kata Cavanaugh. 

"Selama Anda mengikuti gerakan sendi normal, cukup aman untuk dilakukan." Salah satu contohnya adalah memutar sendi jari. "Jari-jari tidak berputar, mereka melengkung," katanya. 

"Ketika Anda memutar sendi yang seharusnya tidak diputar, Anda menegangkan ligamen dan itu bisa menyebabkan trauma pada sendi tersebut yang menyebabkan peradangan." 

Jika Anda mengalami rasa sakit selama penyesuaian diri, berhenti dan temui seorang profesional.

Meskipun sebagian besar penelitian telah menunjukkan kebiasaan membunyikan sendi tidak memiliki efek jangka panjang yang signifikan, stigma tetap ada. 

"Apakah Anda penggenggam sendi?" saya bertanya pada Melikian. "Saya tidak," jawabnya. "Saya membutuhkan tangan saya untuk bekerja." (nationalgeographic/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat