visitaaponce.com

Ladies, Waspadai Cedera pada Lutut saat Olahraga

Ladies, Waspadai Cedera pada Lutut saat Olahraga
Ilustrasi(freepik.com)

CEDERA pada saat berolahraga merupakan hal yang patut diwaspadai. Pasalnya, cedera itu dapat membahayakan atau bisa jadi perlu dilakukan tindakan operasi jika masuk kategori cedera berat, terutama pada lutut. 

Spesialis ortopedi konsultan Aditya Fuad Robby Triangga mengatakan cedera lutut saat berolahraga bisa terjadi saat memulai kegiatan atau bahkan saat pemanasan. Hal itu dapat terjadi pada atlet profesional dan nonprofesional.

Menurutnya, jika terjadi cedera, upayakan untuk tidak panik. Jika cedera tersebut dapat ditangani sendiri, segera tangani dan jika tidak mampu, mintalah pertolongan.

Baca juga : Anett Kontaveit Bersiap Gantung Raket Setelah Wimbledon

"Ketika terjadi cedera, jangan panik karena respons pertama pasti nyeri. Lalu cari pertolongan kalau tidak mampu atasi sendiri. Lalu menghentikan aktivitas supaya tidak menambah nyeri," ungkapnya dalam live Instagram RSUP Sardjito bertajuk Cedera Lutut saat Olahraga, Apa saja yang Harus Diketahui?, kemarin.

Lebih lanjut, dia menambahkan, cedera lutut sering terjadi pada jenis olahraga yang membutuhkan high impact exercise seperti berlari, main bola, basket, voli, dan aktivitas gymnastic.

"Cedera lutut paling sering terjadi itu di olahraga yang membutuhkan akselerasi yang cepat seperti bola, futsal, dan basket. Itu paling sering. Makanya diperlukan wawasan. Sebelum olahraga itu paling sering saat lutut menekuk, misalnya, saat lari cepat lalu tiba-tiba berhenti dan lompat, tapi mendaratnya tidak sesuai juga bisa menyebabkan cedera lutut," kata dia.

Baca juga : Atlet Esports juga Butuh Pencegahan Cedera

Jika terjadi cedera, Aditya menyarankan untuk berhenti beraktivitas, beristirahat, dan jika bisa, mengompres bagian yang bengkak dengan menggunakan es selama 5-10 menit dan menekan dengan balok.

Dia menambahkan, cedera lutut juga bergantung pada keparahannya karena cedera tersehut bisa terjadi sendiri dan bersama orang lain.

Aditya melanjutkan bahwa tanda terjadinya cedera pada lutut juga beragam, bergantung pada area yang terkena cedera. Jika terkena di bagian ligamen, biasanya ada bunyi dan pembengkakan.

Dia pun menegaskan tidak semua cedera harus dioperasi. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk dinilai masuk kategori ringan, sedang, atau berat. (H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat