visitaaponce.com

Tips untuk Orangtua Menghadapi Cinta Pertama Anak Anda

Tips untuk Orangtua Menghadapi Cinta Pertama Anak Anda
Anak jatuh cinta? Jangan panik, ini caranya bagi orangtua menghadapi anak-anak yang sedang menghadapi cinta pertama mereka.(Freepik)

SAAT tahun ajaran baru dimulai, banyak anak mulai merasakan cinta pertama mereka. Mungkin mengejutkan bagi beberapa orangtua, tapi ini adalah bagian alami dari perkembangan anak-anak. 

Cinta pertama sering kali muncul ketika anak-anak mulai menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman sekelas dan dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Menurut Cynthia Langtiw, Psy.D., dari The Chicago School of Professional Psychology, "Anak-anak biasanya mencintai keluarga mereka pada awalnya. Namun, saat memasuki taman kanak-kanak atau kelas satu, mereka mulai menunjukkan minat pada teman sekelas karena interaksi yang lebih intens di sekolah."

Baca juga : IDAI Sarankan Orangtua Agar Perkenalkan Anatomi Tubuh pada Anak Sedini Mungkin

Tanda-Tanda Anak Anda Sedang Jatuh Cinta

Kristin Lagattuta, Ph.D., seorang profesor psikologi perkembangan dari University of California, Davis, menjelaskan anak-anak sering kali tidak langsung mengungkapkan perasaan mereka. Mereka bisa saja malu-malu atau menunjukkan minat pada hobi baru yang juga diminati oleh orang yang mereka sukai.

Usia 6-9 Tahun

Pada usia ini, anak-anak biasanya menunjukkan rasa suka dengan ingin sering bersama dengan orang yang mereka sukai. Mereka mungkin sering menyebut nama orang itu dalam percakapan sehari-hari.

Usia 10-13 Tahun

Ketika memasuki masa pubertas, anak-anak mulai tertarik pada lawan jenis dan bertanya-tanya tentang hubungan. Mereka ingin tahu tentang hal-hal seperti berkencan dan ciuman pertama.

Baca juga : Ini 7 Tips Bagi Orangtua untuk Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak

Usia 13-15 Tahun

Saat remaja, anak-anak terpapar dengan berbagai hubungan dalam kehidupan nyata dan media sosial. Mereka sering bertanya-tanya tentang hubungan dan ingin terlihat menarik di depan orang yang mereka sukai.

Tips untuk Orangtua Menghadapi Cinta Pertama Anak

1. Tunjukkan Dukungan

Ketika anak Anda berbicara tentang orang yang mereka sukai, tunjukkan minat dan dukungan. Tanyakan apa yang mereka sukai dari orang tersebut dan bagaimana hubungan mereka di sekolah. Biarkan mereka berbicara tanpa merasa ditekan untuk bertindak berdasarkan perasaan mereka.

2. Komunikasi Terbuka

Bicarakan secara santai tentang cinta pertama, jangan memaksa anak Anda untuk membuka diri. Mulailah dengan pertanyaan umum dan ikuti arah percakapan mereka.

Baca juga : Orangtua Pegang Peran Penting Agar Anak Aman di Ruang Digital

3. Perhatikan Perasaan Anak

Penting untuk mengetahui apakah perasaan cinta tersebut timbal balik. Jika tidak, ajarkan anak Anda untuk menghormati perasaan orang lain. Sebaliknya, jika ada yang menyukai anak Anda tetapi tidak balas perasaan, berikan dukungan untuk memahami bahwa tidak semua orang memiliki perasaan yang sama

4. Atur Batasan

Meskipun cinta pertama umumnya hanya berupa perasaan dan interaksi ringan seperti menulis catatan atau bermain bersama, tetapkan batasan yang jelas. Diskusikan tentang pentingnya menghormati privasi dan ruang pribadi masing-masing.

5. Mendukung Proses Pemulihan

Meskipun cinta pertama seringkali tidak berlangsung lama, anak Anda mungkin merasa sedih jika tidak ada balasan dari orang yang mereka sukai. Dukung mereka dengan mendengarkan dan menawarkan pengalaman Anda sendiri sebagai penghibur.

Dengan memahami dan mendukung anak Anda melalui pengalaman cinta pertama mereka, Anda membantu membangun kepercayaan diri mereka dan memperkuat hubungan komunikatif antara Anda dan anak. (Parents/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat