visitaaponce.com

Ini Tips Memilih Ikan Salmon dan Cara Memotongnya agar Dapat Daging Filet

Ini Tips Memilih Ikan Salmon dan Cara Memotongnya agar Dapat Daging Filet
Potongan ikan salmon yang siap untuk diolah.(Dok. Freepik)

SALMON, selain menawarkan rasa yang lezat, juga dikenal akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan. Namun, untuk mendapatkan manfaat salmon yang maksimal, penting bagi konsumen untuk memilih yang segar dan paham cara pengolahannya.

Kandungan asam lemak omega-3, protein, vitamin, dan mineral dalam salmon menjadikannya pilihan yang sangat bergizi bagi keseharian. Kandungan asam lemak omega-3 dalam salmon membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan mengurangi risiko peradangan dalam tubuh.

Tidak hanya itu, salmon juga mengandung vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, kandungan protein berkualitas tinggi dalam salmon membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan otot serta jaringan tubuh.

Baca juga : Windstar Cruises Gelar Kompetisi Kuliner untuk Jaring Chef Terbaik di Indonesia

Cara Memilih Salmon yang Segar

1. Perhatikan Penyimpanan

Saat membeli salmon, konsumen disarankan untuk memeriksa kondisi penyimpanannya. Pastikan salmon disimpan pada suhu yang tepat, biasanya di bawah 4°C. Salmon yang terlalu lama terpapar suhu ruangan atau terendam dalam air es terlalu lama dapat mengurangi kesegarannya.

2. Periksa Aroma

Aroma adalah petunjuk penting untuk menentukan kesegaran salmon. Aroma salmon yang segar seharusnya tidak terlalu tajam atau amis. Pilihlah salmon yang memiliki aroma laut yang segar dan alami.

3. Warna Daging

Warna daging salmon yang segar biasanya cerah dan merata, tanpa adanya bercak-bercak coklat atau keabu-abuan. Hindari salmon yang memiliki warna yang pudar atau tidak konsisten, karena hal ini bisa menjadi tanda bahwa salmon tersebut tidak segar.

Baca juga : Ini Tips Agar Cabai Bisa Tahan Lama

4. Tekstur Kulit

Kulit salmon yang segar seharusnya lembab dan kenyal saat disentuh, bukan kering atau terkelupas. Tekstur kulit yang baik menunjukkan kualitas salmon yang prima.

5. Perhatikan Mata

Jika Anda membeli salmon utuh, periksa mata salmon. Mata yang jernih dan cemerlang menunjukkan kesegaran salmon, sementara mata yang keruh atau berkabut mungkin menandakan salmon tidak segar.

Cara Memotong Salmon dengan Benar untuk Filet

1. Persiapkan Peralatan yang Bersih

Persiapan yang bersih sangat penting saat memotong salmon. Pastikan untuk menggunakan pisau yang tajam dan bersih untuk memastikan potongan salmon menjadi rapi dan tanpa merusak dagingnya.

Baca juga : Ini Tips Memastikan Kakiage Sudah Matang

2. Pemotongan Filet

Untuk memotong daging filet, letakkan salmon dengan sisi kulit menghadap ke bawah. Potonglah fillet dengan gerakan memotong yang halus dan tegak lurus terhadap tulang belakang salmon.

3. Pemotongan Steik

Untuk memotong steik salmon, letakkan salmon dengan sisi kulit menghadap ke bawah. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong salmon menjadi steik dengan ketebalan yang diinginkan.

4. Penyimpanan yang Tepat

Setelah memotong salmon, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan rapat menggunakan plastik wrap. Simpan salmon dalam lemari es dan konsumsilah dalam waktu yang segera sesuai dengan petunjuk penyimpanan.

Dengan mengikuti panduan ini, konsumen dapat memilih salmon yang segar dan berkualitas serta memotongnya dengan benar untuk menjamin keamanan dan kesegaran dagingnya. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan pengalaman memasak dan mengonsumsi salmon, tetapi juga akan membantu memastikan bahwa nutrisi yang berharga dalam ikan ini tetap terjaga.

(Z-9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat