visitaaponce.com

Ini Tips Memastikan Kakiage Sudah Matang

Ini Tips Memastikan Kakiage Sudah Matang
Kakiage(www.japanesecooking101.com)

CHEF asal Jepang Hideki Fujiwara mengatakan salah satu tanda hidangan kakiage, aneka potongan sayuran yang dicampur dalam adonan tepung lalu digoreng hingga renyah khas Jepang, sudah matang bisa terlihat dari gelembung minyak yang tampak kecil di penggorengan.

"Gelembung-gelembungnya kecil kalau sudah matang. Saat dimasukkan besar. Kalau gelembungnya sudah kecil berarti dalamnya sudah matang. Kalau besar gelembungnya masih mentah," kata Fujiwara, Kamis (7/12).

Fujiwara membuat hidangan kakiage menggunakan bahan-bahan seperti bawang bombay yang sudah diris-iris, jamur, buncis, dan udang. Dia lalu mencampur semua bahan itu dengan sedikit tepung.

Baca juga: Outlet Pertama Dapur Cokelat Dibuka Kembali dengan Konsep Baru

Selanjutnya, Fujiwara menyiapkan adonan tepung yang sudah dicairkan dalam sebuah wadah. Tekstur tepung ini cenderung cair ketimbang adonan tepung untuk gorengan pada umumnya.

Tempura itu lebih cair adonan tepungnya. Tipis nanti kulitnya dan renyah," ujar Fujiwara.

Ke dalam adonan tepung ini hanya ditambahkan telur dan air, tanpa penyedap rasa.

Baca juga: Ceviche, Makanan Tradisional Peru Ditetapkan Sebagai Daftar Warisan Budaya Tak Benda

Selanjutnya, campurkan adonan tepung dengan adonan sayuran yang sudah disiapkan sebelumnya dan aduk hingga rata. Setelah rata, masukkan adonan ke dalam wajan berisi minyak yang sudah panas lalu goreng hingga gelembung minyak tampak kecil.

Fujiwara mengatakan tradisi kuliner Jepang menghargai bahan makanan berkualitas tinggi dan masih tetap ingin mencicipi rasa asli bahan masakan meski telah melalui berbagai olahan masakan seperti deep frying, stir frying, maupun dressing. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat