visitaaponce.com

Jam Kerja Cegah Penumpukan Penumpang

Jam Kerja Cegah Penumpukan Penumpang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) bersama Wali Kota Bogor Bima Arya (tengah) mengantre bersama calon penumpang KRL.(ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

GUBERNUR DKI Anies Baswedan mengeluarkan kebijakan baru terkait jam kerja bagi ASN dan pegawai swasta di Jakarta. Ketentuan ini untuk mencegah kepadatan penumpang di sejumlah stasiun di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

“Jam kerja itu sudah dibuatkan jeda dalam aturan awalnya, minimal dua jam. Sekarang kita sepakati tiga jam. Selisih sif satu dengan sif yang lainnya tiga jam,” ujar Anies seusai meninjau kondisi penumpang di Stasiun Bogor, kemarin.

Pada kesempatan itu, Anies yang didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya juga mengecek sistem antrean penumpang di stasiun, kondisi di dalam kereta, dan memastikan penerapan pembatasan jarak fisik.

“Ini semua dikerjakan bukan semata mata memenuhi peraturan, tapi untuk keselamatan pekerja. Apa pun pengaturan yang dilakukan harap dilakukan karena demi keselamatan,” katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) DKI, Andri Yansyah, menambahkan pihaknya memperlebar jarak jam kerja karyawan dari semula antara sif 1 dengan sif 2 ialah 2 jam menjadi 3 jam. Ketentuan itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Disnaker DKI No 1447 Tahun 2020 yang ditandatangani, kemarin.

“Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat dengan pemerintah pusat, yakni Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional serta Kementerian Perhubungan.”

Secara terpisah, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono mendukung kebijakan Gubernur Anies. Menurutnya, hal itu bisa meminimalisasi penumpukan pegawai di transportasi publik. “Tujuannya supaya orang enggak berangkat ke kantor sama-sama. Itu efektif supaya tidak terjadi penumpukan pada transportasi publik,” tutup Mujiyono. (DD/Put/Ins/J-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat