visitaaponce.com

DPRD Sebut Pariwisata Munculkan Klaster Baru Covid-19

DPRD Sebut Pariwisata Munculkan Klaster Baru Covid-19
Sejumlah wisatawan keluar dari kendaraannya menunggu kemacetan reda akibat buka tutup jalan Puncak, Gadog, Bogor(Antara/Yulius Satria Wijaya)

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN Oman Rahman Rakinda mengatakan pariwisata bisa menjadi klaster baru covid-19 di Ibu Kota.

Hal ini berkaitan dengan laporan Dinas Kesehatan DKI yang menyebut sebagian besar penambahan 1.114 kasus berasal dari libur panjang pekan lalu.

Long weekend ini jadi kesempatan masyarakat untuk liburan, kumpul-kumpul keluarga, wisata dan bepergian jarak jauh yang bisa terpapar covid-19," kata Oman dalam keterangannya, Jakarta, Senin (31/8).

Terlebih, katanya, saat berjalan-jalan warga mengabaikan protokol kesehatan. Hal itu riskan terjangkit covid-19 sehingga berpotensi menimbulkan klaster baru covid-19.

Baca juga: Pasar Disebut Berpotensi Jadi Klaster Besar Covid-19

"Kalau kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan rendah ya kemungkinan terpapar tinggi,” kata Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI tersebut.

Oman menilai long weekend memang dapat menggerakkan ekonomi sektor wisata. Namun, di satu sisi wisata tersebut harus diiringi pengawasan protokol kesehatan yang ketat.

Long weekend dibuat pemerintah, antara lain cuti bersama 21 Agustus 2020, memang untuk menggerakkan ekonomi sektor wisata salah satunya, tapi harus dibarengi pengawasan penerapan protokol kesehatan,” imbuh Oman.

Sebelumnya, jumlah kasus harian covid-19 di DKI Jakarta memecahkan rekor dan menembus lebih dari 1.114 kasus per (30/8).

Dari jumlah 1.114 kasus, 385 kasus adalah akumulasi data 7 hari sebelumnya yang baru dilaporkan. Pemprov DKI menyatakan sebagian besar terpapar covid-19 saat libur panjang akhir pekan (long weekend) pada rentang 16-22 Agustus 2020. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bude

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat