visitaaponce.com

Pengelola RPTRA Dukung Pemasangan JakWIFI

Pengelola RPTRA Dukung Pemasangan JakWIFI
Sejumlah siswa SD belajar dengan menggunakan wifi gratis yang disediakan di Balai Warga Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat.(MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI)

PEMBERIAN fasilitas internet gratis JakWIFI bertentangan dengan belum dibukanya fasilitas umum. Padahal, ide itu disambut baik.

"Kami sangat mendukung, tapi kan sekarang sedang tidak ada kegiatan," ujar pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Puspita di Pesanggarahan, Jakarta Selatan, Endang Yulianti, Selasa (1/9).

Ia mengungkapkan beberapa hal harus diperhitungkan dan disiapkan jika RPTRA Puspita disediakan JakWIFI. Tujuannya supaya protokol kesehatan tetap dijalankan.

Baca juga: JakWIFI belum Sampai ke Jakarta Selatan

Endang memprediksi akan ada banyak anak yang menggunakan JakWIFI. Apalagi, RPTRA itu berada di depan dua sekolah dasar yaitu SD Pesanggarahan 05 Pagi dan SD Pesanggarahan 09 Pagi.

Meskipun memiliki lapangan, tidak mungkin anak-anak belajar di sana karena tidak beratap. Sementara, aula RPTRA juga digunakan untuk menampung logistik bantuan sosial yang datang dua minggu sekali.

"Aula pun kalau digunakan hanya menampung 25 anak karena harus ada jarak," tambah dia.

Sementara itu, dari segi fasilitas, sudah terdapat lima wastafel di RPTRA Puspita. Jadi, memudahkan pengunjung untuk mencuci tangan.

Kemungkinan, RPTRA Puspita akan menambah tempat cuci tangan, mengingat RPTRA Abdi Praja yang berada di kelurahan yang sama, juga menambah fasilitas tersebut. Handsanitizer juga akan disediakan.

Pada hari-hari biasa, RPTRA Puspita biasanya dikunjungi sekitar 200 orang, baik anak-anak maupun warga sekitar. Namun, kini sepi, hanya pengelola yang berjaga bergantian.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginisiasi program wifi gratis. Jaringan internet cuma-cuma berlabel JakWIFI untuk memenuhi kebutuhan warga Jakarta saat sekolah dan bekerja dari rumah.

"Adanya akses wifi gratis harus dimanfaatkan bukan hanya untuk menyerap informasi, tapi justru untuk bisa menciptakan informasi," kata dia dalam peluncuran JakWIFI, Jumat (28/8). (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat