visitaaponce.com

BMW Indonesia Revitalisasi RPTRA Rorotan Indah

BMW Indonesia Revitalisasi RPTRA Rorotan Indah
(BMW GROUP INDONESIA)

BMW Group Indonesia mendonasikan Rp350.000.000 kepada Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rorotan Indah yang disalurkan melalui Save the Children Indonesia. Bantuan difokuskan untuk revitalisasi bangunan RPTRA sebagai wadah pengembangan kapasitas perempuan dan anak. 

Bangunan yang direvitalisasi mulai dari penggantian atap aula, perbaikan area bermain anak, serta pembangunan tanggul penahan air hujan, mengingat lokasi RPTRA berada persis di sebelah Kali Rorotan dan sering terendam banjir jika hujan besar melanda.

Bantuan diserahkan secara simbolis di RPTRA Rorotan Indah oleh President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan kepada Finance Director Save the Children Indonesia Pritawati dan Lurah Rorotan Ahmad Fitroh pada Rabu (16/11).

Pada kesempatan yang sama, karyawan BMW Group Indonesia hadir untuk menyambut BMW Social Week, pekan berbagi yang diinisiasi oleh BMW Group Global dan dilakukan serentak di seluruh negara di mana BMW beroperasi. Karyawan BMW Group Indonesia telah mengumpulkan keperluan anak-anak berupa pakaian, buku, dan mainan untuk diserahkan ke RPTRA Rorotan Indah dan berpartisipasi secara aktif dengan melakukan sesi diskusi dengan warga sekitar RPTRA mengenai 'Healthy Lifestyle' dan membagikan Health and Sanitation Kit.

Menurut Ramesh Divyanathan, BMW Group Indonesia menjadikan Sustainability sebagai inti dari yang lakukan perusahaan. Sustainability BMW terdiri dari tiga pilar: Environmental (Lingkungan), Social (Sosial), dan Governance (Tata Kelola). 

"Hari ini, kami berfokus pada Social Sustainability - komponen yang sangat penting untuk kesejahteraan sebuah komunitas. Untuk memberikan anak-anak, termasuk penyandang disabilitas, akses ke ruang komunitas yang aman dan nyaman hingga akhirnya meningkatkan kualitas hidup," ujar Ramesh, Rabu (16/11).

Program yang dinamai BMW Safe Space ini, lanjut Ramesh, merupakan kolaborasi strategis antara BMW Group Indonesia dan Save the Children Indonesia untuk merevitalisasi fasilitas dasar dan mengembangkan sistem perlindungan anak berbasis masyarakat di RPTRA guna untuk meningkatkan kualitas hidup anak di bidang pendidikan dan kesehatan,

"Save the Children sangat mengapresiasi inisiatif BMW SAFE SPACE. BMW telah menjadi mitra strategis Save the Children Indonesia sejak 2018, melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memberikan perubahan positif untuk anak-anak dan masyarakat sekitar RPTRA Rorotan Indah. Kami berupaya menyediakan ruang yang aman dan nyaman untuk anak-anak."
 
Pritawati menyampaikan, RPTRA Rorotan Indah menghadapi berbagai masalah yang dapat membahayakan anak-anak dan masyarakat sekitar.  Diantaranya lokasinya dikelilingi oleh rawa dan saluran banjir tanpa dinding beton. Lalu area bermain yang sudah rusak akibat banjir dan tidak layak digunakan. Kemudian aula yang harus mendapat perbaikan, terutama atapnya yang terbuat dari asbes dapat berisiko bagi masyarakat yang menggunakan aula. 

Selain itu, absennya program berkelanjutan di RPTRA. Padahal, program berkelanjutan sangat penting, tak hanya sebagai peningkatan layanan RPTRA, tetapi untuk kegiatan positif anak dan orang muda sekitar. Misalnya, menciptakan sistem perlindungan terpadu berbasis masyarakat (PATBM), mengampanyekan STOP Kekerasan di lingkungan RPTRA, dan lain sebagainya.

"Ini adalah empat dukungan penting yang kami prioritaskan. Dengan donasi yang disalurkan oleh BMW Group Indonesia, kami dapat melakukan intervensi perbaikan RPTRA dan bekerja bersama masyarakat agar tercipta lingkungan yang sehat dan aman untuk anak-anak di sekitar RPTRA Rorotan Indah," ujar Pritawati. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat