visitaaponce.com

Fasilitas RPTRA Pulo Gundul Johar Baru Diperbarui

Fasilitas RPTRA Pulo Gundul Johar Baru Diperbarui
RPTRA Pulo Gundul di Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.(MI/HO)

SEBAGAI ibu kota yang juga sebagai pusat bisnis, sejak 2017 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki komitmen sebagai kota yang ramah anak dan perempuan dengan menyediakan lebih dari 325 RPTRA atau ruang publik terpadu ramah anak. Fasilitas ini disediakan untuk membantu warga, sekitar khususnya perempuan dan anak, yang tinggal di wilayah padat penduduk. Sebagai ruang terbuka untuk publik, pada umumnya RPTRA menyediakan wahana permainan dan tumbuh kembang anak, sarana kegiatan sosial warga, sarana pengembangan pengetahuan dan keterampilan kader PKK dan ruang terbuka hijau. 

Dalam pembangunannya, RPTRA banyak melibatkan kalangan pengusaha sebagai bagian dari tanggung jawab sosial pihak swasta. Namun dengan berjalannya waktu sebagian perangkat sudah rusak sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Lions International turut berkontribusi membantu pemerintah memperbaiki salah satu RPTRA Pulo Gundul yang terletak di permukiman padat dengan sekitar 800 keluarga di Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat

Selain mengganti perangkat permainan luar ruang, yang merupakan organisasi sosial berfokus pada pemberdayaan komunitas itu memperbaiki lapangan futsal yang dilengkapi dengan ring basket dan gawang futsal serta melengkapi pagar pengaman bagi anak-anak. Di samping itu, disediakan air layak minum yang dapat langsung dikonsumsi warga selesai berolah-raga dan bermain. 

Baca juga : Buron 5 Bulan, Pelaku Penyiraman Air Keras di Johar Baru Berhasil Ditangkap

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma menyatakan bahwa dengan bantuan Lions International, RPTRA Pulo Gundul menjadi tampak seperti baru kembali. "Ini membuat anak-anak semakin senang datang untuk bermain dan belajar. Mereka keluar dari rumahnya sejenak untuk bersosialisasi dan bergembira bersama," ujarnya. Ia menyampaikan apresiasinya atas kontribusi Lions International sebagai warga yang sering terlibat membantu pemberdayaan komunitas di Johar Baru. 

Gubernur Distrik Lions International Distrik 307 A1, Peter C, Djajadi, menyatakan bahwa perbaikan fasilitas bermain dan penyediaan fasilitas air layak minum ini merupakan percontohan pertama pihaknya bagi warga, terutama anak-anak dan remaja. "Mereka ialah cikal bakal generasi emas Indonesia yang akan menjadi pemimpin di 2045," ujarnya. Serah terima perbaikan fasilitas RPTRA Pulo Gundul berlangsung pada Rabu, 1 Mei 2024.

Project Officer, Ratna Ariani, menjelaskan bahwa setiap tahun pihaknya menyediakan dana pendukung berupa hibah yang dapat digunakan membiayai karya legacy Lions Clubs. Pada tahun ini ada lima yang mendapatkan hibah yaitu Lions Club Jakarta Metropolitan, Lions Club Jakarta Monas Kalingga, Lions Club Jakarta Monas Movast, Lions Club Jakarta Cosmostellar, dan Lions Club Jakarta Jaya Sunter Agung. Mereka telah melakukan survei terhadap kebutuhan masyarakat. Pada kesempatan kali ini terpilih empat lokasi renovasi yaitu RPTRA Pulo Gundul, 2 tempat mandi cuci kakus (MCK), serta rumah singgah pasien kanker anak yang berlokasi di Bandar Lampung. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat