visitaaponce.com

Cegah TPPO dan TPPM, Kakanim Jakpus Gencarkan Program Desa Binaan

Cegah TPPO dan TPPM, Kakanim Jakpus Gencarkan Program Desa Binaan
Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas 1 Non TPi Jakarta Pusat, Ronald Arman Abdullah gencar gaungkan program desa binaan.(MEDCOM/CHRISTIAN)

GUNA mencegah terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Tindak Pidana Penyelundupan Manusia (TPPM), Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas 1 Non TPi Jakarta Pusat, Ronald Arman Abdullah gencar gaungkan program desa binaan.

“Kami dari kantor Imigrasi tengah melakukan kunjungan ke berbagai instasi. Mulai dari kantor Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Kejaksaan Negeri, Komando Distrik Militer 0501 dan Kanwil Bea Cukai untuk gaungkan program desa binaan,” ucap Ronald Arman Abdullah saat diwawancarai, Selasa (12/6).

Ronald mengatakan seperti hari ini dirinya datang ke kantor Pemkot Jakpus bersama beberapa jajarannya untuk meningkatkan kerja sama dalam berbagai aspek pelayanan publik dan penegakkan hukum keimigrasian.

Baca juga : Pos Pelayanan Imigrasi di Lembata Diharap Mampu Berantas TPPO

"Salah satunya ada program Desa Binaan. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat," kata Ronald.

Ronald menjelaskan, program itu rencananya akan diselenggarakan di setiap kelurahan se-Jakarta Pusat. Program ini merupakan program kolaborasi antara imigrasi dan perangkat desa atau kelurahan.

"Perangkat kelurahan yang menjadi perpanjangan tangan imigrasi dalam penyampaian informasi tentang keimigrasian pada tingkat kelurahan di Jakarta Pusat," ujar Ronald.

Baca juga : Jajaran Kanwil DKI Diminta Berikan Inovasi Pelayanan Imigrasi

Kberadaan program desa atau kelurahan binaan, kata Ronald diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Tindak Pidana Penyelundupan Manusia (TPPM).

"Melalui kerjasama dengan Pemerintah Kota Jakarta Pusat, kami yakin dapat memberikan pelayanan yang lebih efisien dan edukatif, serta meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat," tegas Ronald.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan jajaran Pemkot Jakpus mendukung kantor imigrasi jakarta pusat dan menegaskan pentingnya kerjasama antar instansi pemerintah.

Baca juga : Kantor Imigrasi Bandung Kukuhkan Desa Binaan Imigrasi di Kabupaten Subang

“Kami mendukung upaya kantor imigrasi dan menegaskan pentingnya kerjasama yang erat antara instansi pemerintah menghadapi tantangan keimigrasian yang semakin kompleks," ungkap Dhany.

Kunjungan tersebut selain memperkuat sinergi dan kolaborasi, juga dalam rangka memperkenalkan pimpinan baru Kantor Imigrasi Jakarta Pusat yang baru dilantik pada Kamis 30 Mei 2024 lalu.

Dhany berharap, kerja sama yang selama ini sudah terjalin agar semakin kuat demi tercapainya kesadaran hukum khususnya di masyarakat Jakarta Pusat.

"Selama ini kerjasama yang terjalin sudah sangat baik. Ke depan kami berharap sinergi yang terjalin lebih erat dan hasilnya maksimal," ungkap Dhany. (Medcom/Z-6) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat