visitaaponce.com

Pemakaman di TPU Covid-19 DKI Catat Rekor

Pemakaman di TPU Covid-19 DKI Catat Rekor
Warga berziarah makam di TPU khusus covid-19 Srengseng Sawah, Jakarta.(MI/ANDRI WIDIYANTO)

KEPALA Pusat Data dan Informasi Dinas Pertamanan DKI Jakarta Ivan Murcahyo mengatakan pemakaman jenazah dengan protokol covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus covid-19 mencatatkan rekor, Selasa (22/6).

Ivan mengatakan, dalam tiga hari terakhir, pemakaman dengan protokol covid-19 terus menunjukkan peningkatan dan mencatat rekor.

"Pemakaman jenazah dengan protokol covid-19 harian kembali membentuk puncak baru per 22 Juni sejumlah 143 jenazah. Lebih tinggi dari jumlah tertinggi harian yang sebelumnya pada 20 Juni yang sebanyak 122 jenazah," kata Ivan ketika dihubungi, Rabu (23/6).

Baca juga: Kasus Covid-19 pada Anak Naik, DKI Perlu Ketatkan Mobilitas Orang Tua

Ivan merinci pemerintah DKI Jakarta telah menyiapkan lahan untuk pemakaman protokol covid-19. Salah satunya, TPU Rorotan, Jakarta Utara seluas 3 hektare yang saat ini total sudah terisi 886 jenazah. Ia mengatakan masih ada 6.300 petak yang tersedia.

Sementara itu, tempat rujukan lainnya, yaitu TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. Ia mengatakan dari 988 petak yang disiapkan, kini tersisa 288 petak.

Lebih lanjut, Ivan mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan pemakaman dengan protokol covid-19, Pemprov DKI Jakarta mengizinkan penguburan dengan metode tumpuk atau tumpang. Hal itu dilakukan agar warga yang jauh dari TPU Rorotan dan Tegal Alur dapat dimakamkan di TPU Covid-19 terdekat.

"TPU lainnya milik Pemda DKI diperkenankan memakamkan jenazah dengan protokol dengan metode tumpuk/tumpang. Tidak harus ke Rorotan dan Tegal Alur," kata Ivan. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat