visitaaponce.com

Human Initiative dan BPBD DKI Gelar Edukasi Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

Human Initiative dan BPBD DKI Gelar Edukasi Kesiapsiagaan Hadapi Bencana
Peserta mengikuti arahan instruktur pada edukasi kesiapsiagaan bencana dengan tema "Siap Untuk Selamat" di Tebet, Jakarta Selatan.(Ist)

MENYAMBUT Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Human Initiative bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengadakan edukasi  kesiapsiagaan bencana dengan tema "Siap Untuk Selamat" di Panti Sosial Bina Remaja Taruna di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (22/4).

Pada acara yang berlangsung dari pukul 08.00 Wib itu, Project Manajer Disaster Risk Management (DRM) Human Initiative Subur Rojinawi menyampaikan materi mengenai gambaran gempa di Indonesia, potensi bencana gempa di Indonesia dan bagaimana kita bertindak untuk mitigasi resiko bencana.

Ia juga memaparkan bencana lanjutan yang mengikuti bencana gempa seperti kebakaran dan longsor. 

“Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional mengingatkan kita bahwa warga dan bangsa Indonesia harus tangguh dan tanggap terhadap bencana alam karena Indonesia termasuk yang memiliki potensi bencana alam,” ujar Subur dalam pemaparannya.

Baca juga: BOR DKI Turun Drastis, Isolasi Terisi 6% dan ICU 11%

“Melakukan sosialisasi tentang bencana bukan hanya tugas BNPB saja, tetapi seluruh elemen masyarakat hendaknya ikut berpartisipasi dalam hal tersebut, sehingga ketika bencana alam terjadi, kita tidak gagap untuk merespons,” lanjutnya.

Acara ini menghadirkan Dadang sebagai perwakilan dari BPBD DKI, para peserta dari panti dan pengurus yang keseluruhan mencapai 75 orang.

Pada acara tersebut, Subur juga memberikan simulasi apabila terjadi bencana gempa dan kebakaran di sekitar masyarakat. Para peserta yang hadir mengikuti kegiatan sangat antusiasme dengan acara tersebut.

“Alhamdulillah, saya jadi banyak tahu tentang bagaimana mengurangi risiko bencana, ini penting sekali untuk kita ketahui karena mungkin bukan untuk kita saja, tetapi untuk kita nanti ajarkan lagi kepada orang-orang di sekitar kita,” ujar Miki, salah satu peserta acara tersebut.

Human Initiative pun berharap kepada para Sahabat Inisiator untuk menjadi warga yang tanggap terhadap bencana. "Bukan tentang kita saja, tetapi ini juga bermanfaat untuk melindungi orang-orang di sekitar kita," pungkas Subur. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat