visitaaponce.com

Anies Baswedan Bangun 444 Taman Selama Menjabat Gubernur

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan membangun dan merenovasi sebanyak 444 taman selama lima tahun memimpin Ibukota. Kini jumlah taman pun semakin banyak.

Cakupan wilayah yang memiliki taman pun mencapai 91%. Dengan cakupan tersebut, warga semakin mudah menjangkau taman.

"Yang total kami bangun dan renovasi baik itu 444 taman seluruh Jakarta. Sehingga sekarang dari 91% warga itu bisa mengakses taman dalam jarak 800 meter. Itu bisa dapat taman. Jadi kita bersyukur bahwa di seluruh wilayah Jakarta sekarang ada taman. Itu apa yang sudah terjadi," kata Anies saat meresmikan 100 Taman Maju Bersama di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (12/10).

Baca juga : Anies Tegaskan Pembangunan Halte HI Sesuai Aturan

Taman Maju Bersama atau TMB, sambung Anies, dirancang sedemikian rupa agar bisa menjadi ruang interaksi bagi warga atau bisa disebut sebagai ruang ketiga.

"Ruang ketiga di mana warga berinteraksi warga beraktivitas bersama. Prinsip ruang ketiga adalah ruang yang memberikan perasaan kesetaraan ruang yang memberikan perasaan kebersamaan dan ruang yang memungkinkan antar warga ada interaksi yang positif," terangnya.

Pembangunan TMB ini dikerjakan dikerjakan dengan pola yang beda dengan pembangunan tama karena di tiap tempat rancangannya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Dalam proses perancangan tersebut masyarakat dilibatkan sehingga terdapat proses kolaborasi.

Baca juga : 5 Tahun Menjabat, Anies Klaim Keberhasilan dalam Penyediaan Layanan Dasar

"Jadi bukan kami membuat satu rancangan untuk semua lokasi tapi setiap lokasi berbeda-beda. Dengan begitu kita benar-benar berharap ruang ketiga ini nantinya mempersatukan masyarakat membuat perasaan kita sebagai warga Jakarta satu kesatuan. Itulah prinsip dibalik taman maju bersama," jelas Anies.

Ia pun menargetkan tak lama lagi ruang taman di Jakarta akan terus bertambah hingga cakupannya mencapai 100%. Sebab, menurut dia, lahan untuk taman sudah ada.

"Banyak. Banyak. Kalo lahannya banyak, tinggal prosesnya aja penuntasan," imbuhnya. (Put/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat