visitaaponce.com

Antisipasi Banjir, Pemkot Bekasi Giatkan Pengerukan Lumpur Saluran Air

Antisipasi Banjir, Pemkot Bekasi Giatkan Pengerukan Lumpur Saluran Air
Pemkot Kota menggiatkan pengerukan lumpur di sungai atau kali, dan juga saluran air di wilayah Kota Bekasi.(MI/Rudi Kurniawansyah)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bekasi terus berupaya menyiapkan berbagai langkah antisipasi banjir saat musim hujan dan cuaca ekstrem. Diantaranya menggiatkan pengerukan lumpur di sungai atau kali, dan juga saluran air di wilayah Kota Bekasi.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi Anjar Budiono mengatakan pihaknya saat ini kian rutin melakukan pengerukan lumpur di berbagai saluran di wilayah Kota Bekasi. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi banjir di musim hujan.

“Berbagai langkah antisipasi kita yaitu rutin melakukan pengerukan lumpur saluran. Dan saat musim hujan ini, kami makin meningkatkan pengerukan itu," kata Anjar, Kamis (13/10).

Baca juga: Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Kota Bekasi Tergenang Banjir

Ia menjelaskan, pihaknya melaksanakan normalisasi saluran air di lingkungan perumahan. Kemudian melakukan perbaikan dan pembuatan sodetan. Pasalnya penyebab banjir diantaranya adalah pendangkalan, penumpukan sampah, dan penyempitan saluran.

"Termasuk belum terkoneksinya saluran primer dan saluran," jelas Anjar.

Ia mengungkapkan, para petugas pengerukan saat ini gencar diterjunkan pada berbagai wilayah. Mereka mengeruk sedimentasi setiap saluran air. Bahkan petugas harus masuk gorong-gorong untuk mengeruk pendangkalan saluran.

"Dengan cara ini, diharapkan bisa mengantisipasi genangan air," ujarnya

Ia menambahkan, pihaknya terus berupaya maksimal melakukan berbagai antisipasi. Seperti petugas pematusan dan Unit Reaksi Cepat (URC) dengan penuh siaga mengantisipasi dampak dari curah hujan yang sangat tinggi intensitasnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya terus melakukan pengecekan setiap pompa air, perbaikan tanggul. Kemudian penambahan kapasitas rumah pompa yang ada pada beberapa tandon air.

"Bekerja, bersiap siaga tim melakukan pengerukan dan peningkatan kapasitas daya tampung saluran pada berbagai wilayah. Tim URC juga siaga selama 24 jam penuh,” pungkasnya. (RK/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat