visitaaponce.com

Nataru, Polres Bogor Siagakan 1.200 Personel dan Skenario Lalin

Nataru, Polres Bogor Siagakan 1.200 Personel dan Skenario Lalin
Kendaraan merayap di jalur menuju kawasan wisata Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.(dok.Ant )

Jajaran Kepolisian Resor Bogor sudah mempersiapkan sejumlah skema pengamanan dan skenario rekayasa arus lalu lintas terkait perayaan Natal dan tahun baru (Nataru).

"Kami sudah mempersiapkan dari mulai sejak saat ini dengan melakukan kegiatan-kegiatan, baik itu berupa pendataan, kemudian maping potensi kerawanan , patroli, himbauan,"ungkap Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar Iman Imanuddin, Rabu (7/12).

Lebih jauh Iman mengatakan, pihaknya mengkonsentrasikan untuk memberikan dan menghadirkan rasa aman, rasa nyaman dan kelancaran pelaksanaan kegiatan perayaan natal dan tahun baru di wilayah Kabupaten Bogor.

"Kami sudah mempersiapkan personel pengamanan untuk di tempat-tempat ibadah, di tempat-temoat wisata di lokasi-lokasi publik lainnya, yang berpotensi digunakan kegiatan perayaan ibadah natal maupun perayaan kegiatan perayaan menyambut tahun 2023,"katanya.

Untuk personel, Polres Bogor mengerahkan sebanyak 1.200 orang. Sementata terkait antisipasi keamanan dan kenyamanan lalu lintas, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa skenario. "Kita sesuaikan nanti dengan kondisi di lapangan. Baik ipengalihan arus, pembatasan arus, pun mungkin rekayasa lain dalam bentuk one way, gage (ganjil genap),"jelasnya.

Rekayasa lainnya yang mungkin akan diberlakukan adalah pengalihan arus ke Sukabumi, Jonggol (jalur Transyogi).

Penerapan skenario itu akan dimulai pada tanggal 19 Desember mendatang.

Untuk titik paling rawan, Kapolres menyebut, berdasar kajian yang dilakukan pihaknya, yang cukup padat tetap di jalur Puncak atau wilayah Puncak.

Di wilayah Puncak itu, lanjutnya, destinasi wisatanya cukup banyak, hotel cukup padat, villa juga cukup padat.

Kemudian aktivitas masyarakat juga, baik itu sosial dan budaya dalam rangka nataru juga cukup meriah, sehingga potensi banyaknya kegiatan masyarakat ini berkaibat pada munculnya kemacetan itu sangat besar.

"Melihat dari potensi kepadatan yang akan timbul, khususnya di jalur-jalur yang menuju ke destinasi wisata ya, baik itu di wilayah Puncak, wilayah Sentul, Bogor Barat juga, kami sudah menetapkan plotingan untuk penugasan anggota. Oleh karena itu kami konsentrasi pada titik-titik tersebut," pungkasnya. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat