visitaaponce.com

2023, Heru Realisasikan Pembangunan ITF Sunter dan RDF Bantar Gebang

2023, Heru Realisasikan Pembangunan ITF Sunter dan RDF Bantar Gebang
Pekerja menggunakan alat berat memindahkan sampah di area proyek Fasilitas Pengolahan Sampah Terpadu atau "Intermediate Treatment Facility"(MI/Pius E)

PENJABAT Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan pembangunan fasilitas pengolahan sampah inter, Jakarta Utara, terus dilanjutkan dan sudah dianggarkan pada 2023.

"Kalau ITF kan sudah jalan kemarin, memang diminta oleh Presiden (dipercepat)," kata Heru kepada awak media di Jakarta Timur, Senin (26/12).

Ia juga mengatakan, selain program ITF yang menjadi prioritas, hal lainnya yakni terkait pengolahan sampah di Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, dengan teknologi Refuse Derived Fuel (RDF).

"Ada dua (hal), ITF sunter yang sudah dianggarkan di 2023 dan Refuse Derived Fuel (RDF) di Bantar Gebang," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyinggung proyek ITF Sunter yang tidak kunjung dilakukan pembangunan, bahkan sejak dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Jadi Gubernur di DKI, (ITF) Sunter itu kita mulai, sampai saya tidak jadi gubernur, tanda tangan pun saya belum. Padahal sudah kita rencanakan, belum (selesai). Saya enggak tahu sekarang apakah sudah (selesai)," kata Jokowi dalam Rakernas Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), Rabu (21/12).

Baca juga: Jakpro : ITF Sunter Direncanakan Beroperasi 2027

Jokowi pun mendorong agar urusan sampah segera diselesaikan agar tidak menjadi kotoran di kota, sungai, dan laut. Menurut Jokowi, masalah sampah menjadi salah satu prioritas yang harus dibenahi BPDLH mengingat pengelolaan sampah di berbagai daerah belum terselesaikan.

Sebagai informasi, pembangunan ITF Sunter digagas sejak 2009 pada era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Kemudian, rencana ini dilanjutkan oleh Joko Widodo hingga Basuki Tjahaja Purnama, namun sempat mandek.

Selain itu, PT Jakarta Propertindo juga sudah menjelaskan terkait update terbaru pembangunan ITF. VP Corporate Secretary Jakpro Syachrial Syarief mengatakan bahwa beberapa hal telah dilakukan sejak tahun 2019 dan terkait pembangunan fisik, ITF Sunter direncanakan untuk berjalan selama tiga tahun dengan target operasi di tahun 2027.

"Kini, perkembangan ITF Sunter ini juga sedang memasuki tahap akhir seleksi pemilihan mitra. Sejak awal seleksi, terdapat total 10 calon mitra yang ikut serta dalam proses pemilihan," jelasnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat