visitaaponce.com

Jelang KTT ASEAN, DKI Hentikan Sementara Proyek Galian

Jelang KTT ASEAN, DKI Hentikan Sementara Proyek Galian
Pengendara melintas di sebelah galian kabel utilitas tanpa pengaman di wilayah Jakarta.(MI/Andri Widiyanto)

PEMPROV DKI Jakarta menghentikan sementara pengerjaan sejumlah proyek galian di sepanjang jalan protokol wilayah Ibu Kota. Adapun hal ini dikarenakan dalam rangka menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Diketahui, Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. Acara berskala internasional itu akan dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) pada September mendatang.

Penghentian sementara proyek galian juga mandat dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada Dinas Bina Marga DKI.

Baca juga: Skywalk Kebayoran Lama Bakal Diresmikan Besok

"Pak Pj Gubernur kemarin menyampaikan, untuk menyongsong KTT ASEAN pada September, kalau mau gali-menggali, itu mungkin bisa bulan ini sampai bulan depan lah," jelas Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho kepada wartawan, Kamis (26/1).

Hingga September 2023, para kontraktor hanya boleh melakukan galian, misalnya untuk proyek Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) di kawasan Jakarta, selain jalan protokol.

Baca juga: Indonesia Siap Nahkodai ASEAN Maju dan Damai

"Nanti menuju September, tidak ada lagi yang namanya galian di sepanjang jalan protokol. Kalau di wilayah pinggiran, silakan saja. Tapi kalau jalan protokol, itu sudah kita larang," imbuh Hari.

Lebih lanjut, dia mencontohkan pengerjaan proyek galian di Jalan Malahayati, Jakarta Timur, yang sengaja didahulukan. Sehingga, proyek galian bisa tetap berjalan sesuai target, meskipun ada perhalatan KTT ASEAN.

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI juga telah menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov DKI, untuk mendukung penuh Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, serta peran Jakarta sebagai tuan rumah MGMAC 2023.(OL-11)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat