visitaaponce.com

Selain Ciliwung, Saringan Sampah bakal Dibangun di Kali Pesanggrahan

Selain Ciliwung, Saringan Sampah bakal Dibangun di Kali Pesanggrahan
Pekerja dengan bantuan alat berat menyelesaikan pembangunan saringan sampah di Kali Ciliwung, Jagakarsa, Jakarta, Rabu (16/11/2022).(Antara/Sulthony Hasanuddin.)

DINAS Lingkungan Hidup DKI Jakarta berencana membangun saringan sampah di Kali Pesanggrahan. Sebelumnya, saringan sampah saat ini sedang dalam proses pembangunan di Kali Ciliwung. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Kuswanto mengungkapkan sedang melakukan kajian untuk membangun saringan. Ditargetkan kajian akan selesai pada Juni mendatang.

"Kami mengupayakan nanti rencananya di Kali Pesanggrahan. Jadi kita sedang bikin kajiannya. Mudah-mudahan di tahun ini kajiannya bisa selesai untuk titik lokasinya," kata Asep di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (1/2).

Jika kajian telah selesai dilakukan, Asep menjelaskan, perkiraan biaya pembangunan yang dibutuhkan baru bisa diketahui. Setelahnya, pihaknya baru akan mengajukan program tersebut untuk dibahas dalam pembahasan Rancangan APBD 2024. "Kemudian berapa anggaran yang dibutuhkan, baru nanti kita coba alokasikan pembebasan lahannya dan fisiknya di 2024," tuturnya.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan dibangunnya saringan sampah di Kali Ciliwung di titik perbatasan dengan daerah penyangga. Tujuannya, sampah yang mengalir di kali bisa disaring dan diangkut otomatis oleh mesin sehingga mengurangi banjir. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat