visitaaponce.com

Unggul dan Tazoo, Dua Anggota Baru Taman Margasatwa Ragunan

Unggul dan Tazoo, Dua Anggota Baru Taman Margasatwa Ragunan
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) saat berkunjung ke kandang jerapah di Taman Margasatwa Ragunan, Kamis (3/2).(MI/Putri Anisa Yuliani)

TAMAN Margasatwa Ragunan mendapatkan dua anggota keluarga baru. Seekor anak gajah jantan dan seekor anak jerapah jantan itu lahir bersamaan pada 5 September 2022 lalu.

Anak gajah jantan itu lahir setelah dikandung selama 22 bulan dan merupakan anak kedua dari induk bernama Putri serta gajah jantan bernama Arli.

Anak gajah itu kemudian diberi nama Unggul oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Ia pun menyempatkan memberi makan Unggul secara langsung saat meninjau Ragunan pada hari ini, Jumat (3/2).

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan Kini Ada Fasilitas Perpustakaan Daring

"Ya semoga dia bisa unggul, lebih unggul dari bapak dan ibunya," ujar Heru, Jumat (3/2).

Sementara, untuk anak jerapah jantan, Heru memberi nama Tazoo, yang merupakan singkatan dari nama kebun binatang di Australia, Taronga Zoo. Ayah dan ibu Tazoo merupakan sepasang jerapah pemberian dari kebun binatang tersebut.

"Ya supaya diingat asal bapak ibunya dari sana," kata Heru.

Pemberian nama satwa oleh orang nomor satu di Ibu kota itu sudah lazim dilakukan sejak era kepemimpinan Mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Orangtua Tazoo diberi nama oleh Ahok yakni Dirga untuk jerapah jantan dan Ayuri untuk jerapah betina. 

Penamaan ini bermakna peringatan HUT RI. Sebab, kedatangan kedua jerapah jantan itu berdekatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan.

Kemudian, pada 2019 lalu, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi nama pada anak pertama Dirga dan Ayuri yakni Julang. 

Pemberian nama jerapah jantan itu dimaknai agar dapat memiliki harapan yang menjulang tinggi seperti tubuh jerapah.

Heru pun berpesan agar satwa di Ragunan dijaga dengan baik. Selain itu, ia juga meminta agar pohon-pohon berusia puluhan tahun di Ragunan bisa dijaga dan dilestarikan. Dalam penataan atua beautifikasi yang akan dilakukan, jangan sampai menebang pohon sembarangan. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat