visitaaponce.com

Pendaftaran Mudik Gratis 2023 Dibuka, BPTJ Kota Depok Siapkan 136 Bus

Pendaftaran Mudik Gratis 2023 Dibuka, BPTJ Kota Depok Siapkan 136 Bus
Ilustrasi(Antara)

BADAN Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kota Depok Jawa Barat menyiapkan 136 unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk mengangkut penumpang mudik gratis, baik untuk arus mudik dan balik pada Lebaran 2023/1444 H.

Kepala BPTJ Kota Depok Asri Immanuel Sinuraya menyampaikan pihaknya telah menyiapkan 136 bus untuk memberangkatkan warga Kota Depok yang mudik Lebaran.

Jumlah bus yang disiapkan sebanyak 136 unit untuk melayani 28 kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera bagian selatan.

"Pengadaan mudik gratis bertujuan untuk meminimalisasi penggunaan sepeda motor untuk transportasi mudik, menekan angka kecelakaan pengendara motor saat mudik dengan berbagai alasan seperti lelah atau mengantuk saat di perjalanan, serta meringankan beban masyarakat Kota Depok yang membutuhkannya," katanya Rabu (15/3). Menurutnya, mudik gratis tahun ini lebih banyak jika dibandingkan dengan 2022 silam, dimana perantau sangat berharap merayakan Lebaran bersama orang tua dan keluarga.

Baca juga : Erick Thohir Luncurkan Program Mudik Gratis Lebaran 2023

 

Terbanyak Tujuan Jawa Tengah

Terpisah, Sekretaris Dinas Perhubungan (Sekdishub) Kota Depok Anton Tofani Muharam mengatakan sudah puluhan orang masyarakat yang mendaftar mudik lebaran gratis tahun 2023/1444 H di Terminal Margonda. "Sudah 50 orang yang mendaftar, " kata Anton Rabu (15/3).

Tujuan mudik didominasi ke Jawa Tengah dan Jawa Barat. Sementara untuk destinasi Sumatera belum terlalu dominan, hanya sebagian kecil.

Untuk jumlah tiket mudik gratis, katanya, diprediksi kurang lebih sama seperti tahun lalu. "Tahun lalu peserta mudik gratis mencapai 3.600 penumpang diberangkatkan dari Terminal Tipe A Jatijajar dengan diangkut 136 bus AKAP," katanya.

Pihaknya akan melakukan validasi pendaftaran pada peserta mudik yang sebelumnya sudah dilakukan via daring. Nantinya calon penumpang yang datang akan melakukan pencocokan validasi dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK). Kemudian calon penumpang akan langsung mendapatkan tiket keberangkatannya.

Anton mengatakan posko pelayanan pendaftaran mudik Lebaran gratis di Terminal Margonda Kota Depok yang menyelenggarakan ialah Kementerian Perhubungan (Kemenhub). " Sedangkan Dishub bertuga sebagai pelaksana lapangan saja."

Petugas akan terus melakukan validasi terhadap masyarakat atau calon penumpang dari Kota Depok. " Kami data satu persatu agar pemberangkatan nanti terlaksana dengan tertib, masyarakat juga tak menunggu-nunggu tiketnya,” ungkapnya.

Untuk program mudik lebaran gratis ini, kata dia peserta mudik diberangkatkan dengan bus AKAP dari Terminal Tipe A Jatijajar, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos Selasa 18 April 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Anton mengimbau masyarakat yang ingin mendapati fasilitas mudik gratis ini untuk segera mendaftar karena akan ditutup jika kuota sudah penuh (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat