visitaaponce.com

Jangan Asal Pilih Jalur Alternatif Simak Nih Pesan Kapolri untuk Pemudik

Jangan Asal Pilih Jalur Alternatif! Simak Nih Pesan Kapolri untuk Pemudik
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kedua kanan).(Antara)

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo peringatkan supaya pemudik tidak asal dalam memilih jalur alternatif dalam perjalanan mudik lebaran 2023.

Hal tersebut dikarenakan, pihak kepolisian telah menyediakan pengamanan di sepanjang rute arus mudik.

Pemilihan jalur alternatif, kata Sigit, terkadang justru membuat laju kendaraan semakin terhambat, bahkan dapat dimungkinkan hingga tersesat. "Utamanya kita tentunya mengharapkan masyarakat pemudik menggunakan jalur-jalur yang memang sudah dipersiapkan," kata Sigit, Senin (17/4).

Baca juga : Imbauan Presiden Beri Dampak Positif pada Arus Balik

"Sehingga, kemudian tidak kemudian menjadi tersesat dan nanti malah semakin memperpanjang rute perjalanan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Sigit kenerangkan bhwa para pemudik akan mendapat penjagaan jika melewati rute yang telah ditentukan. Tidak hanya itu, pemudik juga lebih mudah menemukan posko pengamanan. "Jadi rute tol itu sudah dipersiapkan, jalur non tol arteri sudah dipersiapkan di situ ada pos-pos pelayanan yang nantinya menginformasikan sosialisasi terkait informasi jalur yang ada," terangnya.

Jika pemudik hendak menggunakan jalur alternatif, kata Sigit, lebih baik hal tersebut ditanyakan ke petugas di lapangan yang dibekali informasi yang terbaik soal rute perjalanan aman bagi pemudik.

Baca juga : Anggota Komisi V DPR Apresiasi Kinerja Kapolri Amankan Arus Mudik 2023

"Apabila ada masyarakat yang mungkin pengin mengambil jalur lain, lebih baik turun dan menanyakan kepada petugas supaya tidak tersesat," imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Senin (17/4).

Dalam apel tersebut hadir sejumlah perwakilan dari peserta Operasi Ketupat 2023 yang terdiri dari personel gabungan baik Polri, TNI, BNPB, hingga Satpol PP.

Baca juga : Pemudik di Stasiun Pasar Senen Terus Meningkat

Apel tersebut juga dihadiri sejumlah menteri di antaranya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perhuhungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Sigit mengatakan bahwa apel gelar pasukan tersebut merupakan pengecekan akhir kesiapan operasi ketupat 2023.

"Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas polti dgn seluruh stakeholdet terkait dlm rangka mengamankan mudik dan perayaan hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah," kata Sigit. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat