visitaaponce.com

Imbauan Presiden Beri Dampak Positif pada Arus Balik

Imbauan Presiden Beri Dampak Positif pada Arus Balik
Ilustrasi(Medcom.id)

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan imbauan Presiden Joko Widodo kepada masyarakat untuk menghindari puncak arus balik pada 24 dan 25 April telah menekan jumlah angka arus balik.

Listyo mengungkapkan setidaknya terdapat penurunan sekitar 13% jumlah pemudik yang melakukan perjalanan arus balik hingga saat ini.

"Upaya dari Pemerintah dengan mengumumkan untuk menghindari atau memilih untuk tidak balik mudik di tanggal 24-25 April, yang diprediksi menjadi puncak arus balik, kami lihat dari hasil rapat bahwa imbauan tersebut cukup berdampak. Di perhitungan tadi terjadi penurunan 13% dari angka prediksi semula," ujar Listyo melalui  keterangan resmi, Rabu (26/4).

Baca juga: Anggota Komisi V DPR Apresiasi Kinerja Kapolri Amankan Arus Mudik 2023

Dengan adanya kebijakan itu, kekhawatiran lonjakan volume kendaraan saat arus balik dapat terhindarkan karena pemudik kembali ke wilayah Jakarta dan sekitarnya tidak secara berbarengan atau di waktu yang sama.

"Sehingga, puncak arus balik yang tentunya menjadi kekhawatiran kami, karena kalau semuanya turun, tentunya kondisi akan sangat padat. Walaupun kami gunakan  one way atau rekayasa lain, tetap akan terjadi kemacetan," jelasnya.

Baca juga: Mudik Lancar, Sekum Muhammadiyah Apresiasi Semua Pihak Termasuk Kapolri

Dengan kondisi yang lebih baik seperti sekarang, ia memastikan masyarakat betul-betul bisa dalam perjalanan pada masa rus balik.

"Kami akan terus hindari terjadinya kemacetan luar biasa, yang tentunya akan mengganggu perjalanan masyarakat yang akan balik ke Jakarta," tandas Listyo.
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat