visitaaponce.com

Aeon Indonesia Tanam Bakau dan Bersihkan Bibir Pantai Tanjung Pasir

Aeon Indonesia Tanam Bakau dan Bersihkan Bibir Pantai Tanjung Pasir
Kegiatan bersih-bersih pantai di Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, banten, yang dilakukan Aeon Indonesia(Dok. Aeon Indonesia)

AEON Indonesia menanam 500 pohon bakau dan membersihkan bibir Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Banten pada Sabtu (18/3).

Acara yang diikuti karyawan dan warga sekitar itu, berkolaborasi dengan SeaSoldier dan merupakan salah satu dari rangkaian corporate social responsibility (CSR) yang secara konsisten dilakukan oleh AeonIndonesia.

Presiden Direktur PT Aeon Indonesia Takahiro Osugi mengatakan dalam acara tersebut pihaknya mengumpulkan total 207,68 kg sampah dengan rincian 83.65 kg sampah organik dan 119,09 kg sampah anorganik. 

Baca juga : TPU di Depok Ramai Peziarah Jelang Ramadan

"Semoga acara ini selain bermanfaat tapi juga memberi inspirasi bagi masyarakat untuk peduli dengan kebersihan pantai Tanjung Pasir," kata Takahiro, melalui keterangannya, Sabtu (18/3).

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutana (2021), volume sampah di Indonesia yang terdiri dari 154 kabupaten/kota se-Indonesia mencapai 18,2 juta ton/tahun sehingga 80% sampah di lautan berasal dari daratan. Sampah plastik yang mencemari lautan, membunuh 100.000 mammalia laut dan 2.000.000 burung-burung laut setiap tahunnya. 

Baca juga : Gandeng AEON, Pakuwon Mall Bekasi Bakal Hadir pada 2025

“Selain merusak ekosistem laut, sampah tersebut juga masuk ke rantai makanan sehingga mengancam kesehatan manusia. Hal inilah yang menjadi keprihatinan AEON sehingga melalui acara ini, kami ingin mengajak serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga ekosistem laut agar tidak tercemar sampah,” ujar Takahiro. 

Selain membersihkan pantai, aktivitas penanaman pohon bakau di pesisir pantai juga bertujuan untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan. Bakau merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami, sehingga penanamannya sangat penting untuk mencegah terjadinya bencana alam. 

Founder & COO SeaSoldier Dini Setyaningrum mengatakan, lokasi pantai Tanjung Pasir adalah satu dari tujuh kawasan konservasi mangrove yang dikelola oleh SeaSoldier foundation di Indonesia. Ia berterima kasih kepada AEON Indonesia dan warga sekitar yang menjaga kebersihan pantai Tanjung Pasir. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat