visitaaponce.com

Antisipasi KLB, Program Desa Bebas Nyamuk, Keluarga Sehat dan Bebas Gerak Diluncurkan di Jember

Antisipasi KLB, Program Desa Bebas Nyamuk, Keluarga Sehat dan Bebas Gerak Diluncurkan di Jember
Peluncuran Program "Desa Bebas Nyamuk, Keluarga Sehat dan Bebas Gerak".(Dok Enesis)

BERDASARKAN data Kementerian Kesehatan, pada minggu ke-18 Tahun 2024, tercatat 91.269 kasus DBD di Indonesia, dengan 641 kasus kematian. Jumlah tersebut mencerminkan peningkatan tiga kali lipat dibandingkan dengan jumlah kasus yang tercatat pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Jember, Soffel membantu menanggulangi Demam Berdarah (DBD) dan Chikungunya.

Melalui program "Desa Bebas Nyamuk, Keluarga Sehat dan Bebas Gerak", Soffell di bawah Enesis Group dalam program Corporate Social Responsibility turut serta dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya 3M Plus untuk melindungi diri dari penyakit DBD dan Chikungunya. Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memperkuat kesadaran akan kesehatan masyarakat serta menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi semua.

Baca juga : 7 Langkah Mencegah agar Terhindar dari DBD

Peluncuran dilakukan pada Selasa, 4 Juni 2024 di Kantor Desa Wringintelu, Jember. Program ini akan berlangsung mulai tanggal 4 hingga 28 Juni 2024 di kecamatan Puger dan Balung, dan akan menjangkau lebih dari 15.000 warga.

Bupati Jember, Hendy Siswanto., mengucapkan terima kasih kepada Enesis Group karena telah memberikan CSR Enesis yang diberikan kepada Kabupaten Jember. Kita harus berkolaborasi bersama-sama untuk membasmi DBD yang ada di lingkungan kita ini, melakukan 3M Plus yaitu Menguras, Menutup, Mendaur plus mengoles Soffell, ini merupakan suatu ikhtiar agar terhindar dari nyamuk DBD. 

"Hari ini yang paling penting adalah keterlibatan kita, saya Bupati Jember minta tolong kepada semua untuk saling membantu warga kita, lingkungan kita, kita bersihkan lingkungan kita dengan 3M Plus. Saya mohon bantuan kepada semuanya, bantu saudara-saudara kita, libatkan warga kita, untuk saling control dan manage lokasi yang rentan terhadap sarang nyamuk. Ini juga merupakan ujung tombak dari Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Diharapkan kader jumantik yang dilantik hari ini bisa meneruskan kepada kader jumantik selanjutnya. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi penyemangat untuk kita semua dengan mewujudkan Desa Bebas Nyamuk, Keluarga Sehat dan Bebas Gerak. Soffell memberikan CSR seperti ini kepada kita untuk membantu menyelamatkan kita," ujar Bupati Jember.

Baca juga : Sebuah Studi Ungkap Aroma Kulit Manusia yang Memikat Nyamuk

RM Ardiantara, Head of HR dan Public Relations Enesis Group menjelaskan bahwa Enesis Group melalui brand Soffell meyakini bahwa kunci dalam menurunkan kasus DBD adalah dengan mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan. "Oleh karena itu, kami terus berupaya secara berkelanjutan untuk memberikan edukasi tentang PSN 3M Plus yaitu Menutup, Menguras, Mendaur ulang serta menggunakan lotion anti nyamuk sehingga nyamuk tidak menghisap darah kita dan kita dapat menghentikan siklus pertumbuhan nyamuk," kata dia.

"Kami berharap bahwa edukasi ini bukan hanya sekedar upaya sementara, tetapi merupakan investasi jangka panjang sehingga kesadaran akan pencegahan DBD akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan dapat mengurangi jumlah kasus DBD secara signifikan," lanjutnya.(H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat