visitaaponce.com

Buffer Zone Harus Segera Dibangun Cegah Kasus Plumpang Berulang

Buffer Zone Harus Segera Dibangun Cegah Kasus Plumpang Berulang
Seorang anak laki-laki berdiri di sisa-sisa rumah yang terbakar di kawasan perumahan di Plumpang, Jakarta Utara pada 4 Maret 2023(ADITYA AJI / AFP)

WAKIL Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman mengatakan, realisasi pembangunan daerah penyangga (buffer zone) perlu ada dorongan dari pemerintah provinsi, kota dan kabupaten selaku pemberi izin mendirikan bangunan (IMB). Dorongan itu khususnya di wilayah yang berdekatan dengan objek vital. 



"Hal itu guna mengantisipasi munculnya kembali permasalahan sosial, dampak dari adanya kebakaran seperti yang terjadi di Depo Plumpang," kata Maman dalam keterangan tertulis, Senin (20/3).



Maman meminta agar kepala daerah tegas untuk tidak memberi izin mendirikan bangunan di wilayah-wilayah objek vital. Supaya tidak ada lagi pembangunan di wilayah berbahaya.



Baca juga: Korban Meninggal Kebakaran Depo Plumpang Menjadi 29 Orang

"Persoalan buffer zone ini dapat menjadi bahan masukkan untuk RUU Migas (rancangan undang-undang minyak dan gas) yang sedang dibahas," papar politikus Partai Golkar itu.



Maman menekankan pentingnya keamanan objek vital nasional. Termasuk, fasilitas produksi dan penyimpanan bahan bakar minyak (BBM).



Baca juga: DPR Beri Waktu Pertamina 1 Bulan Lakukan Audit Kebakaran Depo Plumpang

"Keberadaan buffer zone sangat penting bagi obyek vital nasional (obvitnas), seperti terminal bahan bakar minyak (TBBM) di seluruh Indonesia," ujar dia.



Maman berharap tidak ada lagi bangunan di sekitar objek vital, seperti Depo Plumpang. Pembangunan objek vital juga harus dipastikan berdiri jauh dari permukiman masyarakat. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat