visitaaponce.com

Dishub Perbanyak Belok Kiri Langsung di Simpang Jalan Jakarta

Dishub Perbanyak Belok Kiri Langsung di Simpang Jalan Jakarta
Petugas Dishub DKI Jakarta bersama Polisi Lalu Lintas memasang rambu-rambu lalu lintas.(Antara Foto/Aprillio)

Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan optimalisasi simpang jalan yang menjadi titik kemacetan lalu lintas di wilayah Jakarta. Salah satunya dengan mengubah pengaturan lalu lintas yang akan belok kiri bisa langsung jalan.

"Jadi di beberapa simpang di Jakarta yang diatur dengan lampu lalu lintas atau traffic light yang biasanya terjadi pergerakan belok kiri itu mengikuti lampu lalu lintas yang menerus nanti akan kami set up untuk belok kiri boleh langsung," ujar Kadishub Syafrin Liputo kepada awak media, di pendopo Balaikota DKI Jakarta, Rabu (5/4).

Syafrin mengatakan, selain adanya perubahan di lampu lintas, pihaknya juga akan memasang tanda khusus. Menurutnya, optimalisasi tersebut bisa membuat jalur yang lancar.

Baca juga: Dishub DKI Harap Pergeseran Cuti Bersama Kurangi Kepadatan Puncak Arus Mudik

Baca juga: Kemacetan di Jakarta Selama Ramadan Diklaim Masih Normal

"Sehingga kepadatan di simpang-simpang yang tadinya saturation flow nya tinggi itu bisa ditekan dan kemudian bisa memperlancar masyarakat bermobilitas," jelasnya.

Data terakhir Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kemacetan di Jakarta saat ini berada di angka 48 persen. Sementara mengutip daftar kota termacet yang dirilis TomTom Traffic Index baru-baru ini, Jakarta berada di posisi ke-29 dari 389 kota di dunia. Bahkan di ASEAN, Jakarta menempati urutan pertama kota paling macet.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat