visitaaponce.com

80 Bus AKAP untuk Angkutan Lebaran tidak Laik Jalan

80% Bus AKAP untuk Angkutan Lebaran tidak Laik Jalan
Sejumlah bus AKAP terparkir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (21/4/2021).(ANTARA/GALIH PRADIPTA)

KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan ada 2.258 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang dipersiapkan menjadi angkutan Lebaran. Sebanyak 1.474 bus di antaranya telah menjalani pemeriksaan kelaikan jalan atau ramp check.

Namun, dari jumlah tersebut, hanya 20% atau 294 bus yang laik jalan alias lolos pemeriksaan. Syafrin, optimistis hingga H-14 atau saat masa angkutan Lebaran dibuka pada 14 April mendatang nantinya seluruh bus AKAP dari DKI Jakarta akan dalam kondisi prima dan laik jalan.

"Ada 1.474 yang diperiksa dan yang lulus itu 20%. Ada 80% tidak lulus. Kami koordinasikan ke PO bus supaya nanti saat dibukanya masa angkutan Lebaran pada 14 April nanti semua bus sudah laik jalan," kata Syafrin di Terminal Kampung Rambutan, Minggu (9/4).

Baca juga: 80% Bus AKAP untuk Angkutan Lebaran tidak Laik Jalan

Upaya yang ia lakukan agar bus-bus tersebut dapat memenuhi standard kelaikan yakni dengan menempatkan alat uji kir keliling di terminal-terminal keberangkatan. Setiap bus yang sudah melakukan uji kir namun tak lolos akan diberikan catatan dan harus memperbaiki.

"Begitu bus sudah diperbaiki, bus bisa dibawa ke terminal untuk uji kir langsung. Jadi tidak perlu antri di terminal PKB (pengujian kendaraan bermotor). Karena kalau di terminal PKB kan terbatas hanya saat buka," ujarnya.

Baca juga: Pastikan Angkutan Lebaran Laik Jalan, Kemenhub Gencarkan Pemeriksaan Bus AKAP

Syafrin mengatakan, pada bus-bus angkutan Lebaran yang tidak lolos uji kir mayoritas ada pada wiper yang tidak berfungsi dan sistem kelistrikan. "Misal lampu tidak menyala. Ban gundul ada. Tapi itu semua kan bisa diperbaiki langsung di sini," tuturnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat