visitaaponce.com

DKI Tingkatkan Kawasan Hijau Monas Jadi 64 Persen

DKI Tingkatkan Kawasan Hijau Monas Jadi 64 Persen
Kawasan Monas(MI/Adam Dwi )

PEMERINTAH Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama pemerintah pusat akan meningkatkan penghijauan di kawasan Monumen Nasional (Monas). Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan saat ini zona hijau di kawasan monas sudah 50 persen. 

“Mulai dari yang awalnya 50 persen menjadi 64 persen dan tadi pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) dan Sesmen (Sekretaris) BUMN (Susyanto) sudah memberikan tambahan arahan," ujar Heru dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Selasa (11/4).

Usai rapat dengan Kementerian terkait, Heru mengatakan hasil kajian untuk penghijauan Monas akan disampaikan ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno untuk ditindaklanjuti. Mengingat sertifikat Monas merupakan atas nama Kementerian Sekretariat Negara.

Baca juga: Heru Budi Himbau Warga Perhatikan Keamanan Rumah saat Ditinggal Mudik

Dalam kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki menerangkan penghijauan Monas merupakan upaya untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat. Nantinya di kawasan tersebut juga akan dibangun amphitheater.

“Dari segi rumput kurang maka akan kita buat jadi lebih hijau. Desainnya sudah siap, masterplan-nya sudah siap masterplan ini kita akan bawa dewan pengarah penataan kawasan (medan merdeka) yang diketuai oleh Bapak Mensesneg," jelasnya. 

Baca juga: Pemprov DKI tidak Anggarkan Pembersihan Tugu Monas

Secara terpisah, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah Idris menjelaskan penghijauan akan dilakukan di empat silang Monas.

Penghijauan juga dilakukan di area parkir Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) dan daerah lenggang.

"Kita siapkan amphitheater jadi kayak terasering berundak undak tapi ini bahannya kita tetap kasi yang natural yakni rumput, jadi orang bisa duduk di rumput, memandang monas," tuturnya. (Far/Bob/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat