visitaaponce.com

Gapeka 2023 Aktif Bulan Depan, Headway KRL Jabodetabek Makin Singkat

Gapeka 2023 Aktif Bulan Depan, Headway KRL Jabodetabek Makin Singkat
Kondisi kepadatan penumpang yang menunggu kedatangan kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta.(MI/Susanto)

PT KCI akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023, terhitung mulai 1 Juni 2023. Dengan penerapan Gapeka baru itu, terdapat perubahan dan penyesuaian pelayanan perjalanan kereta api yang KAI Commuter operasikan, khususnya Commuterline Jabodetabek, KA Lokal Merak, dan KA Bandara Soekarno-Hatta.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan untuk pengendalian perjalanan kereta api.

"Pada Gapeka 2023 ini, pelayanan operasional perjalanan commuterline bertambah 61 perjalanan sehingga menjadi 1.232 perjalanan dengan secara bertahap akan mengoperasikan 100 trainset per harinya," tutur Anne dalam keterangan resmi, Minggu (14/5).

Baca juga: Luhut Lebih Setuju Produksi Kereta Dalam Negeri Daripada Impor KRL Bekas Jepang

Di Lin Bekasi, ada penambahan sebanyak 44 perjalanan untuk relasi Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan via Manggarai maupun via Pasar Senen. Selain itu, penambahan juga terdapat pada lin-lin Jabodetabek lainnya 14 perjalanan di Lin Tanjung Priok, 8 perjalanan di Lin Tangerang, dan 6 perjalanan di Lin Bogor.

Tidak hanya penambahan perjalanan, untuk 'headway' atau waktu tunggu pemberangkatan dan peningkatan rata-rata kecepatan perjalanan juga terdapat penyesuaian.

"Pada Lin Bekasi rata-rata 'headway' menjadi 9 menit, yang sebelumnya 12 menit. Untuk Lin Rangkasbitung 'headway' menjadi 12 menit yang sebelumnya 14 menit. Sedangkan untuk Lin Tangerang dan Lin Tanjungpriuk 'headway' yang semula masing-masing selama 20 menit menjadi 18 menit," terangnya.

Baca juga: KRL Dilempari Batu, Aksi Vandalisme Warga Harus Dicegah

Peningkatan pelayanan juga dilakukan pada Gapeka 2023 ini dengan menambahkan dukungan sarana pada Lin Cikarang yang dioperasikan setiap hari sebanyak 7 trainset menjadi 28 trainset. 

Sedangkan peningkatan rata-rata kecepatan perjalanan, pada Lin Cikarang yang sebelumnya rata-rata 70 Km/Jam menjadi 95 Km/Jam dan Lin Tangerang yang sebelumnya memiliki kecepatan maksimal 70 Km/Jam menjadi 75 Km/Jam.

Untuk peningkatan pelayanan perjalanan KA Lokal Merak pada Gapeka 2023 ini pada waktu tempuh perjalanannya. Jika pada sebelumnya mempunyai waktu tempuh selama 116 menit akan dipersingkat menjadi 108 menit atau lebih cepat 8 menit. Perjalanan KA Lokal Merak akan melayani pengguna sebanyak 14 perjalanan. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat