visitaaponce.com

DKI tak Lanjutkan Proyek Pengelolaan Sampah ITF, Heru Sebut Nilai Investasi Tinggi

DKI tak Lanjutkan Proyek Pengelolaan Sampah ITF, Heru Sebut Nilai Investasi Tinggi
Ilustrasi: pekerja memilah sampah plastik yang akan diproduksi menjadi BBM di Kedungrejo, Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur.(ANTARA FOTO/Budi Candra Setya )

PEMPROV DKI Jakarta tidak lagi melanjutkan proyek pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter.

Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono tegaskan pihaknya tidak lagi melanjutkan karena terkendala biaya dan nilai investasi yang tinggi.

"(ITF tidak dilanjut) iya. Ya kita kan enggak sanggup ya," kata Heru pada wartawan saat meninjau Proyek RDF di Bantargebang, Jawa Barat, Selasa (27/6).

Baca juga: Pj Gubernur Jakarta Ganti Nama Program DP Nol Rupiah

Menurutnya nilai investasi dan besaran Biaya Layanan Pengolahan Sampah (BLPS) ITF yang terlalu besar. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk menghentikan proyek ITF dan memilih untuk membangun proyek RDF.

"Ya investasi bisa lebih dari Rp 5 triliun, terus Pemda DKI bukan tidak mau, bagus-bagus semua konsep-konsep itu bagus, ITF RDF bagus bagus, tapi sekali lagi Pemda DKI tidak mampu membayar tipping fee," ujarnya.

Baca juga: KLHK Akui Pengelolaan Sampah di Indonesia Ketinggalan Jauh dari Eropa

Pemprov DKI Jakarta sudah mengalokasikan PMD (Penyertaan Modal Daerah) untuk pembangunan ITF Sunter, Jakarta Utara, kepada PT Jakarta Propertindo sebesar Rp577 miliar.

"Ya nanti (alokasi PMD) dibahas dibicarakan lebih lanjut oleh Pak Sekda, itu gampang," ucapnya.

Heru mengatakan pihaknya juga akan membangun RDF di dua lokasi lainnya, yaitu di daerah Rorotan dan Pegadungan yang direncanakan akan dimulai pada 2024.

"Sekali lagi kami Pemda tidak henti-hentinya menyelesaikan sampah. Berikutnya kita akan membangun RDF di dua tempat lainnya di Rorotan dan Pegadungan," ucapnya. (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat