visitaaponce.com

649 Pelaku TPPO Berhasil Diringkus, 1.840 Korban Terselamatkan

649 Pelaku TPPO Berhasil Diringkus, 1.840 Korban Terselamatkan
Ilustrasi TPPO dengan modus pekerja migran(Freepik)

SEBANYAK 649 pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berhasil diringkus jajaran Polri selama periode 5 hingga 27 Juni 2023.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan dari 649 pelaku tersebut pihaknya berhasil menyelamatkan 1.840 orang.

"Sampai saat ini kami berhasil mengamankan 649 pelaku TPPO, dengan total jumlah laporan polisi 560 laporan dengan jumlah korban 1.840 orang," katanya, Rabu (28/6).

Baca juga: 14 WNI Korban TPPO di Myanmar Tiba di Tanah Air

Dari 560 laporan kepolisian, modus Pekerja Migran Indonesia (PMI) menjadi modus yang tertinggi dengan jumlah laporan mencapai 405.

"Kemudian ada modus ABK sebanyak 9 laporan, modus PSK 159 dan eksploitasi anak 38 laporan," ujarnya.

Baca juga: Sembilan Korban TPPO Dipulangkan ke Tanah Air

Ramadhan menambahkan, Satgas TPPO Polri masih terus bergerak untuk melakukan pencegahan dan penanganan kasus TPPO di wilayah Indonesia.

Selain upaya penegakan hukum, Satgas TPPO Polri juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak mudah tergiur dengan tawaran bekerja di luar negeri dengan iming-iming gaji besar dan proses mudah.

"Polisi masih terus bergerak untuk mencegah TPPO ini, tetapi kami juga mengimbau kepada masyarakat agar jangan mudah tergiur dengan ajakan bekerja di luar negeri dengan iming-iming gaji besar," tutupnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat