visitaaponce.com

Polusi Udara Jakarta Memburuk, Pemprov DKI Berdalih Disebabkan Musim Kemarau

Polusi Udara Jakarta Memburuk, Pemprov DKI Berdalih Disebabkan Musim Kemarau
Polusi udara jakarta(Antara)

KEPALA Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan udara buruk yang melanda beberapa hari di Jakarta salah satunya akibat cuaca yang memasuki musim kemarau.

"Kalau udara itu fluktuatif ya terutama kondisi sekarang ini kan sampai September dan itu juga musim kemarau sehingga memang faktor musim kemarau ini juga membuat cuaca semakin panas dan polusi semakin tinggi," ujarnya kepada awak media, Kamis (27/7).

Ia mengatakan panas ekstrem membuat cuaca semakin tinggi dan juga polusi. Selain itu penggunaan transportasi dan kendaraan pribadi juga memengaruhi angka polusi.

Baca juga: Polusi Jakarta Memburuk, Heru Budi Sarankan Warga Beralih ke Kendaraan Listrik

"Kemudian juga penggunaan transportasi juga masih tinggi ya kan, karena mobilitas masyarakat juga masih tinggi sehingga memang transportasi ini menjadi sumber pencemaran udara," ujarnya.

Selain itu, banyak juga aktivitas pembangunan gedung di tengah Jakarta. "Kemudian lagi aktivitas pembangunan juga sedang masif kan biasanya dipertengahan tahun sampai tahun itu kan pembangunan di Jakarta masih masif sehingga hal-hal tersebut salah satunya penyebab semakin tingginya polusi udara," ujarnya.

Baca juga: Buruknya Proses Uji Emisi Kendaraan Jadi Biang Kerok Polusi Udara di Jakarta

Sebelumnya, data dari Indonesia Air Quality Index (AQI) menyrbutkan bahwa kondisi udara di Jakarta mengkhawatirkan. Pasalnya pada hari ini, Selasa (25/7) Jakarta mendapati skor 172 US AQI. Angka tersebut berindikasi bahwa kondisi udara Jakarta Unhealthy.

"Peningkatan kemungkinan efek samping dan kejengkelan pada jantung dan paru-paru di kalangan masyarakat umum - terutama untuk kelompok sensitif," dikutip dari Web dan aplikasi IQAir. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat