visitaaponce.com

Dishub DKI Jakarta Kaji Tarif TransJakarta Rute Bandara Rp5 Ribu

Dishub DKI Jakarta Kaji Tarif TransJakarta Rute Bandara Rp5 Ribu
Tarif TransJakarta rute Bandara Soeta dikaji, usulan DTKJ Rp5 Ribu(MI/Adam Dwi)

DINAS Perhubungan DKI Jakarta mengkaji usulan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) untuk tarif TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta sebesar Rp5 ribu.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, tarif itu baru diusulkan hari ini. Sementara itu, hingga saat ini rute tersebut masih dalam masa uji coba dan baru dikenakan tarif Rp1.

"Paralel dengan ini kami berkoordinasi dengan DTKJ terkait rekomendasi tarif layanan ini. Hari ini sudah terbit rekomendasi DTKJ. Yang diusulkan DTKJ itu 5 ribu rupiah. Tentu ini akan kami bahas di tingkat provinsi setelah kami terima usulan dari DTKJ," ungkap Syafrin ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/8).

Baca juga: Layani 14 Ribu Penumpang, TransJakarta Tambah Jam Operasional Rute Bandara

Ia menegaskan tarif yang diusulkan DTKJ itu sudah memperhitungkan subsidi Pemprov DKI Jakarta. Sebab, untuk tarif keekonomiannya, sambung Syafrin, setelah dihitung adalah Rp12 ribu.

"Ya artinya selisih itu diusulkan subsidi Pemprov DKI," ujarnya.

Baca juga: Pemprov DKI Evaluasi Rute Transjakarta Bandara Soekarno-Hatta bila Penumpang tidak Capai Target

Usulan tarif tersebut, kata Syafrin, sudah memperhitungkan operasional bus, prediksi jumlah penumpang, jarak tempuh, kemampuan untuk membayar atau 'ability to pay', kemauan untuk membayar atau willingness to pay', hingga pendapatan rata-rata penumpang.

Di sisi lain, Dinas Perhubungan DKI Jakarta terus menyosialisasikan rute bandara ini. Pihaknya melakukan evaluasi per dua pekan sekali untuk mengetahui jalannya uji coba.

Uji coba ini menurut dia berjalan lancar dan mulai terlihat peningkatan penumpang pada pekan kedua pengoperasiannya. Untuk diketahui, rute Kalideres-Bandara Soetta diuji coba mulai 5 Juli lalu.

"Uji coba akan terus dilakukan sampai nanti formula tarif ditetapkan," tandasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat