visitaaponce.com

Tarif TransJakarta ke Bandara masih Digodok Dishub DKI

Tarif TransJakarta ke Bandara masih Digodok Dishub DKI
Penumpang bersiap menaiki bus TransJakarta saat uji coba rute baru TransJakarta di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (5/7).(Antara/Muhammad Iqbal.)

HINGGA saat ini tarif TransJakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta yakni SH1 (Terminal Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta) belum juga ditetapkan. Padahal sejak September lalu Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menyampaikan rekomendasi tarif yakni Rp5 ribu sampai Rp10 ribu per orang kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk diresmikan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan hingga saat ini pihaknya masih melakukan konfirmasi kembali terhadap kemampuan membayar (ability to pay/ATP) dan kemauan untuk membayar (willingness to pay/WTP) para penumpang rute tersebut kepada DTKJ. Karena hal itulah tarif TransJakarta ke bandara belum diputuskan.

"Belum. Masih melakukan konfirmasi terhadap ATP dan WTP itu. Kan kita perlu konfirmasi lagi," kata Syafrin ditemui di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Selasa (28/11).

Baca juga: Revitalisasi Halte Gatot Subroto Jamsostek Dimulai

Syafrin pun enggan merinci kepastian tarif tersebut bakal ditetapkan. "Pokoknya sekarang masih gratis," tuturnya.

Ditemui terpisah, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan tak setuju bila tarif TransJakarta SH1 menggunakan tarif yang disubsidi Pemprov DKI Jakarta. Ia mengatakan, tidak semua pekerja di bandara memiliki penghasilan yang minim.

Baca juga: Ada Piala Dunia U-17, TransJakarta Perpanjang Jam Operasional di 3 Rute

"Kan di sana juga ada yang gajinya lebih tinggi. Di samping itu, apa betul nanti yang menggunakan ialah sebagian besar warga DKI?" tutur Gilbert.

Ia justru menyarankan agar tarif TransJakarta ke bandara menggunakan tarif nonsubsidi seperti tarif Royaltrans yang mematok Rp20 ribu per orang. Hal itu dimaksudkan agar operasional TransJakarta tidak semakin membebani anggaran subsidi dari APBD DKI.

"Kalaupun ada karyawan-karyawan yang gajinya hanya sesuai UMR ya dibikinkan kartu khusus saja. Tapi kembali lagi, jangan dipukul rata," tandasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melalui TransJakarta menguji coba rute Terminal Kalideres-Bandara Soekarno Hatta mulai 5 Juli lalu. Selama uji coba ini, penumpang tidak dipungut biaya. Rute ini diuji coba setelah Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau operasional KA Bandara bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan jajaran PT Angkasa Pura II pada 28 Mei 2023.

Dalam kesempatan tersebut, PT Angkasa Pura mengusulkan agar hadir rute TransJakarta menuju Bandara Soekarno Hatta yang dikhususkan bagi pekerja yang bekerja di bandara dengan tarif yang terjangkau guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi serta mengurangi kemacetan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat