visitaaponce.com

Wajah Baru TMII Andalan Pariwisata di DKI Jakarta

Wajah Baru TMII Andalan Pariwisata di DKI Jakarta
Pengunjung berswafoto di depan anjungan Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (20/11/2022).(MI/Susanto.)

PENJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Presiden Joko Widodo untuk meresmikan wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pada Jumat malam (1/9), di Cipayung, Jakarta Timur. Revitalisasi TMII dilaksanakan atas sinergi Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dalam kesempatan tersebut, Heru mengatakan TMII diharapkan dapat menjadi ujung tombak destinasi wisata di Jakarta karena merepresentasikan ragam budaya Indonesia. Sejalan dengan pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo, dengan wajah baru ini, TMII dapat menjadi ikon besar pariwisata di Indonesia.

"Kami di DKI Jakarta bersyukur dengan peresmian renovasi TMII. Kita yakin dengan wajah baru TMII akan menjadi ujung tombak destinasi pariwisata di Jakarta dan tentu saja di Indonesia, karena TMII seperti miniatur dari Indonesia," ujar Heru dalam keterangan resmi, Sabtu (2/9).

Baca juga: Empat Filosofi Wajah Baru TMII Sambut Spouse Program KTT ke-43 ASEAN

Kepala Sekretariat Presiden itu menambahkan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan terus bersinergi dengan pemerintah pusat dalam menjaga bersama TMII, karena menjadi ikon baru pariwisata nasional. "Dalam hal ini, apabila sudah selesai pembangunannya dan menghadirkan suasana baru, tugas kita ialah merawatnya bersama. Hal ini agar anak dan cucu kita di kemudian hari terus bisa menikmati berwisata ke TMII, karena ini merupakan warisan nasional," tambahnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan, revitalisasi TMII dilakukan untuk mengembalikan semangat awal destinasi wisata tersebut yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto. Revitalisasi ini mengembalikan TMII seperti masterplan awal, yaitu 70% ruang terbuka hijau dan 30% bangunan. "Kalau siang mestinya Taman Mini Indonesia Indah sekarang bisa lebih sejuk, karena konsepnya dikembalikan seperti pada masterplan awalnya, yaitu 70% ruang terbuka hijau dan 30% bangunan," kata Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Ada Tiket Gratis, Ini Dia Sederet Wahana Baru di TMII

Presiden Joko Widodo juga menjelaskan bahwa seluruh bangunan museum dan 33 anjungan daerah di TMII telah dipercantik dengan mengusung konsep inklusif, budaya, dan cerdas. "Masyarakat sekarang bisa mengunjungi dan menikmati wajah baru Taman Mini Indonesia Indah yang tertata rapi, lebih hijau, lebih indah, dan lebih nyaman," tandas Presiden Joko Widodo.

Perlu diketahui, revitalisasi TMII dilakukan sejak Januari 2022 dengan anggaran lebih dari Rp1 triliun. Selain itu, perusahaan BUMN, PT InJourney, menginvestasikan sekitar Rp200 miliar untuk beautifikasi dan atraksi lain. Revitalisasi TMII merupakan bagian dari percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur untuk mendukung penyelenggaraan acara internasional. Wajah baru TMII menerapkan zona hijau, sehingga kendaraan beremisi hanya diperbolehkan sampai area parkir dan pengunjung dapat berkeliling dengan angkutan berbasis listrik yang telah disediakan.

TMII kini juga memiliki Contemporary Art Gallery dan Jagat Satwa Nusantara yang meliputi taman burung, taman reptil, dan dunia air tawar yang dipercantik. Para pengunjung juga dapat menyaksikan beragam atraksi baru di TMII, seperti Dancing Fountain Show dengan pertunjukan dongeng pada water screen yang mengambil tema cerita rakyat Indonesia di Danau Archipelago. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat