visitaaponce.com

2.235 Personel Satpol PP Ikut Amankan KTT ASEAN

2.235 Personel Satpol PP Ikut Amankan KTT ASEAN
Petugas Satpol PP melakukan apel di kawasan Monas, Jakarta Pusat.(Antara)

Sebanyak 2.235 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan diturunkan untuk mengamankan jalannya KTT ke-43 ASEAN yang berlangsung di Jakarta, pada 5-7 September 2023. Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin mengungkapkan petugas sebanyak itu akan dibagi ke tiga kategori penugasan.

"Pertama, petugas akan ditempatkan untuk mengamankan kawasan sekitar hotel-hotel para tamu negara," ujar Arifin, Minggu (3/9).

Kedua, pengamanan dilakukan di kawasan venue. Ketiga, personel akan menjaga jalur-jalur lintasan yang akan dilewati para delegasi.

Baca juga: Jelang KTT ASEAN, Petugas Gabungan Siram Jalan Protokol untuk Halau Polusi

Menurutnya, jumlah petugas yang berada dititik pengaman akan berbeda-beda. Hal tersebut ditentukan berdasarkan hasil analisis potensial pelanggaran yang akan terjadi.

"Ada yang 5 petugas, 10 petugas, 3 petugas, atau 20 petugas. Jumlah petugas yang berada di titik pengamanan didasarkan pada hasil analisis sejauh mana bentuk potensial pelanggaran," jelasnya.

Baca juga: Satpol PP Harus Rumuskan Pola Pemetaan Kerawanan untuk Dukung Pemilu 2024

Lebih lanjut, ia mengatakan para petugas yang bertugas harus dapat mengantisipasi dan meminimalisir pelanggaran ketentraman dan ketertiban umum.

"Jalur-jalur yang di lintasi itu harus tertib dan teratur. Petugas juga harus meminimalisir dan mengimbau masyarakat supaya tidak melakukan pelanggaran dari sisi ketentraman dan ketertiban umum," imbuhnya.

Ia pun berharap seluruh masyarakat bisa turut bersinergi dengan pemerintah untuk menunjukan Jakarta bisa menjadi tuan rumah bersih, tertib dan teratur.

"Mari kita bersama-sama terpanggil untuk menunjukan kota Jakarta bisa menjadi kota yang bersih, tertib dan teratur. Sehingga para tamu delegasi bisa mendapatkan kesan yang terbaik ketika mereka beraktifitas di Jakarta," tandasnya (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat