visitaaponce.com

Pemilu jadi Salah Satu Tantangan Keamanan di 2024

Pemilu jadi Salah Satu Tantangan Keamanan di 2024
Wakapolri Komjen Agus Andrianto(MI/Usman Iskandar)

WAKIL Kapolri Komjen Agus Andrianto mengungkapkan aneka tantangan keamanan di 2024. Tantangan tersebut mulai dari dalam hingga luar negeri.

"Pertama, perkembangan geopolitik, ekonomi, dan keamanan global serta perang Rusia dan Ukraina menimbulkan situasi yang penuh dengan ketidakpastian," kata Agus dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin (4/9).

Agus mengatakan tantangan keamanan kedua ialah potensi memburuknya ekonomi global. Kemudian kerawanan pelaku kejahatan konvensional, transnasional, dan merugikan kekayaan negara.

Baca juga: KPU Larang Peserta Pemilu Kampanye Pemilu 2024 di SMA

"Serta kejahatan berdimensi baru dan kejahatan terhadap kelompok rentan," papar jenderal bintang tiga itu.

Agus menyebut tantangan selanjutnya, yakni pengamanan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Termasuk, pengamanan unjuk rasa di 2024.

Baca juga: Pemilih Cerdas Penunjang Terwujudnya Pemilu Berkualitas

"Selain itu pengamanan pembangunan dan perpindahan ke IKN (Ibu Kota Nusantara), potensi terjadinya bencana alam dan nonalam, serta segregasi masyarakat, konflik SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan), serta konflik sosial," ujar dia.

Tantangan lainnya ialah isu korupsi, pelanggaran hak asasi manusia (HAM), deforestasi, kejahatan lingkungan, dan kasus lahan. Lalu penanganan kelompok teroris di Indonesia.

"Lain-lainnya potensi masalah kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) dan transportasi umum serta pengamanan jalur-jalur perbatasan dan pulau-pulau terluar," jelas Agus.

Agus menuturkan masalah terakhir ialah rendahnya kesadaran hukum masyarakat. Sebab, hal tersebut berpotensi menimbulkan pelanggaran hukum. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat