visitaaponce.com

Polda Metro Minta Maaf Buntut Pengalihan Arus Selama KTT ASEAN

Polda Metro Minta Maaf Buntut Pengalihan Arus Selama KTT ASEAN
Suasana kepadatan kendaraan saat jam sibuk di Jalan Jenderal Sudirman(MI / Susanto)

KONFERENSI Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN sedang diselenggarakan di Jakarta sejak tanggal 5 September hingga 7 September 2023.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyebutkan rekayasa lalu lintas dilakukan pada dua waktu. Pada pagi hari akan mulai pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

“Kita ada 3 sektor, sektor Senayan, sektor Bundaran HI, dan sektor dari pada Kuningan, itu nanti jalan Rasuna Said,” kata Latif kepada wartawan, Selasa (5/9).

Baca juga : Transportasi Listrik jadi Andalan Kepala Negara dan Delegasi ASEAN

“Prioritas dari sektor (Bundaran) HI. Begitu juga Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Rasuna Said, kita juga akan sterilkan dalam artian tamu negara akan menuju ke JCC,” imbuhnya.

Baca juga : Pimpinan ASEAN Sepakat Pertahankan Lima Poin Kesepakatan untuk Selesaikan Krisis Myanmar

Latif melanjutkan rekayasa lalu lintas pertama diberlakukan di Jalan MH Thamrin-Jalan Sudirman akan disterilkan mulai dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Senayan.

Baca juga : 

“Jalur Sudirman betul-betul untuk sementara prioritas untuk tamu negara. Begitu juga yang ada di Bundaran Senayan. Orang yang dari Antasari akan kita belokkan ke kiri untuk masuk lewat Pakubowono. Pakubuwono sampai masuk ke Permata Hijau. Permata Hijau lurus lewat Slipi maupun lewat Tomang silakan untuk sampai pusat kota,” sebutnya.

Sedangkan untuk Jalan HR Rasuna Said juga dijadikan sebagai jalur prioritas untuk sterilisasi baik dari arah Mampang maupun sebaliknya untuk tamu atau delegasi negara.

“Di Kuningan, tidak ada yang boleh masuk ke Rasuna Said, karena ada tamu negara yang akan melewati jalan tersebut. Sehingga yang sudah masuk lewat dari Pancoran ke Kuningan akan kita belokkan ke kiri,” sebut Latif.

“Begitu juga arah yang dari Tendean, yang biasanya lewat terowongan akan kita belokan ke kanan maupun ke kiri. Jadi diharapkan untuk tidak sampai dengan Semanggi. Karena semuanya harus muter, yang memang agak jauh sedikit,” imbuhnya.

Selanjutnya, sepanjang Jalan Gatot Subroto mulai dari Traffic Light Kuningan hingga Traffic Light Slipi juga dijadikan sebagai jalur Prioritas.

Ia menyebutkan, untuk kendaraan roda empat dari arah Cawang yang menuju arah Slipi akan diarahkan untuk masuk Jalan Tol dan untuk kendaraan roda dua akan diarahkan belok ke kiri arah Mampang. Untuk kendaraan dari arah Pasar Minggu menuju Jalan Gatot Subroto akan diluruskan menuju Tebet.

“Begitu juga yang dari seputaran GBK yang dari Fairmont, Pasific Place, dari Langham. Sehingga Jalur Bandung Bandung (Jalan Sudirman Thamrin), Jalur Sudirman, Jalur Gatot Subroto, Jalur Rasuna Said, ini akan kita prioritaskan untuk tamu negara,” tuturnya.

Oleh Sebab itu, Latif pun meminta maaf kepada masyarakat yang terdampak atas adanya pengalihan sejumlah ruas jalan itu.

"Kami tentunya sangat minta maaf kepada masyarakat dengan adanya kegiatan ini (pengalihan arus lalu lintas)," ucap Latif. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat