visitaaponce.com

Transportasi Listrik jadi Andalan Kepala Negara dan Delegasi ASEAN

Transportasi Listrik jadi Andalan Kepala Negara dan Delegasi ASEAN
Petugas membersihkan kendaraan listrik delegasi KTT ASEAN di area Parkir Gelora Bung Karno, Jakarta.(Antara)

PADA perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC) Indonesia kepala negara dan delegasi KTT ASEAN menggunakan kendaraan listrik. Para protokol pengamanan pun terpantau menggunakan mobil dan motor listrik.

"Tercatat ada 608 unit mobil listrik yang telah disiapkan dengan berbagai jenis," tulis Twitter Sekretariat Kabinet dikutip pada Selasa (5/9).

Adapun jenis yang digunakan seperti BMW i7 digunakan oleh 36 unit kepala negara/pemerintah, 76 unit Toyota Bz4X oleh pejabat tinggi setingkat menteri, 74 Unit Hyundai IONIQ 6 pasangan para delegasi VVIP, 272 Unit Hyundai IONIQ 5 protokol dan pengamanan, dan 150 Unit Wuling AirEv sebagai kendaraan operasional.

Baca juga : ASEAN Komitmen Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Sebelumnya penggunaan mobil listrik juga digunakan pada KTT G20 di Bali tahun lalu dan kini pada KTT ASEAN transportasi ramah lingkungan juga kembali digunakan. Penggunaan mobil listrik sebagai komitmen Indonesia mendorong Net Zero Emissions (NZE).

"Penggunaan mobil listrik tidak hanya bertujuan untuk mengurangi dampak polusi udara, tetapi juga sebagai upaya mewujudkan transisi energi fosil menuju energi baru terbarukan yang lebih ramah lingkungan," tulisnya.

Baca juga : Jadwal, Tema, KTT ASEAN 2023 dan Kegiatan Delegasi Selama di Jakarta

 

 

Delegasi ASEAN menggunakan fasilitas bus listrik untuk menuju lokasi KTT ASEAN di Jakarta, pada 5-7 September 2023. (Sumber : Antara/HO/Media Center KTT 2023/Rommy Pujianto)

 

Selain mobil listrik, kolaborasi antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga mencakup penggunaan Mass Rapid Transit (MRT) dan shuttle bus listrik. Ini dapat menjadi alternatif transportasi yang ramah lingkungan bagi tamu negara yang akan mengunjungi berbagai venue.

Sebelumnya kepala negara ASEAN sudah tiba di Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta Kemarin (4/9/2023). KTT ASEAN ke-43 berlangsung pada 5-7 September 2023.

Ada 22 negara yang akan hadir dalam rangkaian KTT ini, sebelas di antaranya adalah negara-negara anggota ASEAN, yakni Indonesia sebagai tuan rumah, kemudian Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Laos, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat