visitaaponce.com

Bus Listrik Trans-Jakarta Mampu Beroperasi 250 km Per Hari

Bus Listrik Trans-Jakarta Mampu Beroperasi 250 km Per Hari
Bus Trans-Jakarta.(ANTARA/MI/ROMMY PUJIANTO)

DIREKTUR Utama PT Trans-Jakarta Welfizon Yuza menyebut, bus listrik yang digunakan oleh operator Trans-Jakarta mampu beroperasi hingga 250 km per hari. Namun, menurut dia, kapasitas tersebut tidak digunakan hingga maksimal. Sebab, dalam sehari, bus Trans-Jakarta rata-rata beroperasi hingga 200 km.

Hal itu disampaikannya dalam peluncuran 26 unit bus listrik dari operator Perum DAMRI di silang tenggara Monumen Nasional hari ini. Sementara itu, umumnya tiap armada akan beroperasi pada pukul 05.00 hingga pukul 23.00 WIB.

"Ini kapasitasnya bisa mencapai 250 km. Namun, sehari bus kami paling maksimal 200 km. Setelah itu jalan balik ke depo untuk dicas dan kembali beroperasi pada pukul 05.00," ungkap Welfizon, Jumat (22/12).

Baca juga: Nonton Twice di Jakarta Naik Transportasi Umum? Siapa Takut, Berikut Panduannya

Untuk itu, ia menyampaikan masyarakat tidak perlu khawatir bus listrik akan mengalami gangguan karena kehabisan daya.

"Dengan target kita 200 km, itu kira-kira udah dipertimbangkan. Jadi cukup. Bahkan mungkin persentasenya masih cukup aman," terangnya.

Baca juga: Dishub DKI Kewalahan Identifikasi Pemasang Stiker Caleg di Bus TransJakarta

Sementara itu, dengan adanya penambahan 26 unit bus listrik dari Perum DAMRI, total ada 100 unit bus listrik yang beroperasi di Jakarta.

Bus-bus listrik yang ada beroperasi di rute-rute non BRT yang ditujukan untuk mengintegrasikan penumpang ke moda-moda transportasi lainnya.

Untuk 26 unit bus listrik yang dioperasikan Perum DAMRI akan dioperasikan di dua rute yakni 4F Pinang Ranti-Pulo Gadung dan 4C Bundaran HI-TU Gas. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat