visitaaponce.com

TransJakarta Angkutan Umum Bisa Reduksi Emisi Karbon hingga 94

TransJakarta: Angkutan Umum Bisa Reduksi Emisi Karbon hingga 94%
Bus listrik TransJakarta(Antara)

DIREKTUR Utama PT TransJakarta Ahmad Welfizon Yuza mengungkapkan, pengurangan emisi karbon yang bisa dihasilkan sangat signifikan jika pengendara pribadi beralih ke angkutan umum.

Dalam bincang media yang dilakukan hari ini, Welfizon mengatakan, setiap orang yang menggunakan kendaraan roda empat dapat mengurangi jejak karbon hingga 94% jika beralih ke angkutan umum seperti bus.

"Jadi emisinya tinggal 6% per orang," kata Welfizon di Jakarta Pusat, Jumat (18/8).

Baca juga : Bus Listrik Trans-Jakarta Mampu Beroperasi 250 km Per Hari

Sementara itu, jika pengendara motor beralih ke bus umum, emisi yang bisa dikurangi adalah 83%. Angka pengurangan emisi karbon bahkan bisa lebih besar lagi manakala pengendara kendaraan bermotor tersebut beralih ke bus listrik.

"Pengurangan emisi bisa sampai 99,9%," ujarnya.

Untuk itulah, secara bertahap TransJakarta mengalihkan bus-busnya dari bahan bakar solar dan gas ke listrik. Sejak tahun lalu hingga tahun ini, sudah terdapat 52 bus listrik yang mengaspal di Ibukota.

Baca juga : Pengadaan Bus Listrik di Jakarta Harus Dipercepat

Sejak diujicobakan pada tahun lalu, bus listrik TransJakarta baik yang dikelola oleh TransJakarta maupun operator telah berhasil mengurangi emisi hingga 5,5 juta ton karbon.

Welfizon pun secara bertahap akan menambah armada bus listrik sebagai dukungan TransJakarta terhadap udara Ibukota yang lebih bersih.

"Total masih ada 48 bus listrik lagi yang akan ditambah. Sehingga akhir tahun ini ada 100 bus listrik yang beroperasi," tuturnya. (Put/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat